Ilustrasi/Codyapp
Health

Berjalan Cepat atau Jogging Santai 25 Menit Sehari Tunda Penuaan

Dimas Novita Sari
Senin, 31 Agustus 2015 - 16:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Para ilmuwan menuturkan berjalan cepat setidaknya 25 menit sehari dapat menambah 7 tahun harapan hidup.

Sebuah penelitian terbaru menemukan olahraga teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung. Dampak ini juga bisa terjadi pada orang-orang yang baru memulai olah raganya di usia 70 tahun.

Sanjay Sharma, Profesor Penyakit Jantung St George's University Hospitals NHS Foundation Trust, di London mengatakan olahraga ringan dapat mengurangi hingga setengah risiko kematian akibat serangan jantung di usia 50-an dan 60-an.

"Studi ini sangat relevan. Hal tersebut menunjukkan ketika seseorang rutin berolah raga maka akan memperlambat proses penuaan," katanya dikutip dari DailyMail, Senin (31/8/2015).

Meskipun demikian, Sanjay menuturkan penuaan tidak dapat dihindari, akan tetapi paling tidak dapat ditunda, seperti terlihat lebih muda di usia 70 tahun atau 90 tahun.

Lebih lanjut dia menyatakan olahraga akan memberikan 3 hingga 7 tahun harapan hidup. Selain itu olahraga juga bersifat anti-depresan yang akan meningkatkan fungsi koginitif dan didukung dengat fakta dapat menghambat timbulnya demensia.

"Untuk merasakan manfaat tersebut, setidaknya sisihkan waktu 20-25 menit dalam sehari untuk berjalan cepat atau berjogging santai," ucap Sanjay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro