Ini Penyebab Anda Sering Bersin di Pagi Hari, dan Tips Mengatasinya /boldsky.com
Health

Ini Penyebab Anda Sering Bersin di Pagi Hari, dan Tips Mengatasinya

Redaksi
Senin, 29 April 2024 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sering bersin di pagi hari bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti rinitis alergi hingga banyaknya debu di ruangan Anda.

Bersin di pagi hari pastinya membuat kondisi tubuh tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Dilansir Healthline, rinitis alergi adalah kondisi tubuh bereaksi terhadap partikel kecil di udara sehingga menyebabkan hidung tersumbat, gatal, hingga bersin.

Rinitis bisa terjadi kapan saja, tapi paling sering menyerang ketika pagi hari karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

1. Tungau Debu

Tungau debu yang berada di Kasur atau tempat Anda tidur dapat menjadi pemicu terjadinya bersin-bersin saat pagi hari. Ukuran tungau yang kecil dapat dengan mudah masuk kedalam sistem pernapasan ketika sedang tertidur.

Mereka biasanya hidup dan berkembang biak di Kasur, bantal, dan tempat tidur.

2. Debu

Kondisi ruangan yang jarang dibersihkan membuat debu menumpuk di Kasur, jendela, Kasur, hordeng, lemari, dan meja. Saat debu terhirup tubuh, reaksi yang diberikan adalah bersin atau batuk.

Adanya debu di tempat tidur menyebabkan bersin-bersin di pagi hari dan tenggorokan terasa kering.

3. Bulu Hewan Peliharaan

Mempunyai anabul di dalam rumah ada baiknya untuk tidak di bawa ke kamar tidur. Pasalnya, bulu hewan peliharaan dapat memicu bersin-bersin atau alergi lainnya.

Tak hanya itu, bulu anabul bisa saja hinggap di lemari atau sudut ruangan kamar sehingga memberikan peluang besar terjadinya bersin di pagi hari.

4. Perubahan Hormon

Bersin di pagi hari tidak hanya disebabkan oleh kondisi ruangan, tetapi perubahan hormon yang diakibatkan kehamilan, konsumsi obat-obatan, dan fase menstruasi. Hormon yang tidak stabil meningkatkan produksi lendir dan perubahan pada selaput lendir sehingga hidung tersumbat, pilek, dan bersin.

5. Bau Menyengat

Bau menyengat juga memicu bersin di pagi hari. Bau menyengat bisa bersumber dari lotion atau aroma terapi yang digunakan sebelum tidur, di mana hal tersebut dapat mengiritasi pembuluh darah di hidung sehingga menyebabkan hidung tersumbat dan meningkatkan produksi lendir saat pagi hari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro