Kanker paru/medicinenet.com
Health

Ini Cara Terbaru Musnahkan Sel Kanker

Newswire
Selasa, 1 September 2015 - 06:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Riset yang dilakukan ilmuwan Klinik Mayo di Florida, Amerika Serikat menjanjikan pengobatan kanker dengan cara baru.

Dalam suatu percobaan, mereka berhasil membuat sel kanker payudara dan sel kandung kemih kembali jinak.

Mereka mengklaim, pengobatan itu merupakan strategi baru untuk terapi kanker. Memang, berbeda dengan obat kanker konvensional yang bekerja dengan cara membunuh sel kanker.

Seperti ditulis Dailymail.co.uk edisi 24 Agustus 2015, teknik baru itu bertujuan melucuti dan membuat sel kanker tidak berbahaya. Terobosan ini berfokus pada protein bernama PLEKHA7 yang membantu sel yang masih sehat menggumpal.

Tim peneliti  Klinik Mayo menunjukkan protein itu akan hilang atau rusak dalam berbagai kanker. Ketika hal ini terjadi, instruksi kunci genetika dari sel akan menggumpal dan mereka jadi bersifat kanker.

Mereka mampu mengatur ulang instruksi untuk mematikan sel kanker. Penelitian dalam sampel makanan menunjukkan bahwa sel manusia yang terkena kanker kandung kemih,  dapat normal kembali.

"Percobaan awal dari beberapa jenis kanker yang bersifat agresif betul-betul menjanjikan," kata Panos Anastasiadis, ketua tim peneliti yang temuannya dipublikasikan dalam jurnal Nature Cell Biology.

Riset mereka  akan diaplikasikan ke sejumlah penyakit kanker, terutama kanker darah dan otak. Termasuk, kanker paru  yang menjadi kanker pembunuh terbesar di Inggris dan satu dari lima kanker yang mematikan.

Sejumlah ilmuwan Inggris terpesona dengan hasit riset Klinik Mayo.

“Pengetahuan penting ini memecahkan misteri biologi jangka panjang, tapi ilmuwan harus tetap maju," kata Henry Scowcroft, manajer senior di bidang informasi pengetahuan dari Cancer Research Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro