Slamet Rahardjo (kiri) dan Christine Hakim (kedua, kana) dalam pembukaan Japanese Film Festival 2015 di CGV blitz Grand Indonesia/Antara
Entertainment

Keuntungan Sineas Bila Mengikuti Festival Film Bergengsi

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 28 November 2015 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hingga saat ini, ternyata belum banyak sineas film yang tertarik membawa filmnya untuk sekadar tampil atau memang berkompetisi di sejumlah festival film internasional yang bergengsi.

Berikut manfaat yang bisa diambil dari kesempatan tersebut.

Menurut Sutradara Joko Anwar semua film memiliki tempat di festival film. Asalkan, memenuhi kriteria seperti dari segi estetika, teknik dan kualitas.

"Semua film yang bagus pasti bisa masuk festival karena semua film itu ada tempatnya," ujarnya.

Lebih lanjut, keuntungan yang bisa diambil dari kesempatan mengikuti festival film bergengsi yaitu mencari distributor, memperluas jaringan, mendapat info pendanaan film, mendapat penonton lebih banyak dan membantu mempromosikan film.

Di Indonesia sendiri, film Indonesia cukup sulit bila harus mengalahkan film Hollywood. Belum lagi, akses penonton ke bioskop dan masih terbatasnya layar lebar membuat biaya promosi membengkak.

"Keuntungannya, untuk mencari distributor, networking, bisa co production dengan negara lain, info film funding international, memperbanyak audience jadi film kita banyak word of mouth-nya dan diomongin orang banyak," katanya.

Pasalnya, di setiap festival tak hanya penonton yang datang. Melainkan, distributor, kritikus hingga investor. Semakin dekat dengan lingkaran ini, katanya, peluang baik akan didapat.

"Sutradara Indonesia itu harus aim high jangan cuma di Indonesia. Masuk festival film itu bukan sekadar untuk menang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro