Fakta-Fakta Menarik DNA, Salah Satu Faktor Penentu Genetika Manusia/clevelandclinic
Health

Fakta-Fakta Menarik DNA, Salah Satu Faktor Penentu Genetika Manusia

Redaksi
Jumat, 26 April 2024 - 08:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tepat pada 25 April, diperingati sebagai Hari DNA Sedunia sebagai pengingat peran DNA yang memiliki peranan penting pada kehidupan manusia.

DNA merupakan molekul yang memberikan informasi penting terkait genetika manusia.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, peran DNA akan memberikan instruksi secara genetika, untuk memastikan perkembangan manusia dapat berjalan dengan baik.

DNA dapat ditemukan dalam tubuh manusia, kecuali pada sel darah merah. Fungsi dari DNA akan mempengaruhi bentuk wajah, fisik, dan kulit manusia. Semua bentuk yang terlihat dalam tubuh manusia, dihasilkan dari DNA dan pertumbuhan yang dikembangkan dalam sistem jaringan.

Namun, apakah Anda tahu fakta menarik terkait DNA? Dilansir dari AlphaBiolabs, berikut fakta-fakta menarik DNA pada manusia:

1. Ada kemungkinan manusia memiliki 2 DNA

Umumnya manusia memiliki satu DNA di dalam tubuh. Namun, ada satu fenomena yang disebut sebagai Chimerisme. Fenomena ini merupakan perwujudan dari DNA ganda yang dimiliki oleh manusia.

Biasanya, fenomena ini terjadi pada ibu hamil dan pasien yang pernah menjalani operasi besar pemindahan sumsum tulang. DNA tersebut menjadi ganda ketika produksi sel darah, mengandung DNA dari donor tersebut.

2. Dibutuhkan waktu 50 tahun untuk menyusun genom manusia

Terdapat sekitar 30 miliar unita yang dapat membentuk genom pada tubuh manusia. Untuk membentuk suatu genom, dibutuhkan waktu 50 tahun demi menghasilkan genom yang berkualitas terhadap perkembangan DNA manusia.

3. Kesamaan DNA pada manusia berkisar sebesar 99,9%

Setiap manusia memiliki kesamaan dan kelainan yang berbeda satu sama lain. Namun, DNA memiliki nilai kesamaan yang sama pada setiap manusia sebesar 99,9%. Kesamaan ini yang menyebabkan adanya perubahan dan perkembangan fisik pada manusia. Kesamaan ini berupa warna kulit, rambut, mata, dan sebagainya.

4. Terdiri dari 4 bahan penyusun utama

DNA terdiri dari 4 basa kimia berupa Adenin, Timin, Guanin, Sitosin, yang berperan sebagai bahan penyusun asam nukleat. Fungsi dari asam nukleat ini yang akan memberikan informasi kepada sel-sel dalam tubuh manusia.

5. Setiap harinya DNA mengalami mutasi

DNA mengalami mutasi karena adanya paparan sinar matahari, infeksi virus, dan lainnya. Hal ini yang membuat adanya pemecahan dan mutasi yang membawa perubahan pada fisik manusia seperti warna rambut, mata, dan golongan darah manusia.

Beruntungnya sel-sel dalam tubuh manusia dapat beradaptasi dengan baik, sehingga daya tahan manusia dapat terjaga dengan baik. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro