Catalyst Art Market dapat membangun jejarin. /instagram.com
Fashion

Catalyst Art Market Buka Jaringan Antar Seniman

Azizah Nur Alfi
Rabu, 4 Mei 2016 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Catalyst Art Market yang baru digelar 30 April - 1 Mei 2016, sukses membuka jaringan antarseniman.

Sebanyak 48 seniman visual ikut terlibat menjajakan artworks dan merchandise, tujuh pengisi workshop kreatif, delapan pengisi musik dari Substore, hingga penampilan spesial dari AriReda. Sejumlah seniman datang dari Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Tokyo.

Salah satu seniman visual asal Solo, Maskrib, menuturkan para seniman biasanya bertemu hanya melalui media online. Melalui ajang yang bertema #MyArtMyLiving ini, mereka dapat bertemu dan bertukar ide.

"Tujuan selanjutnya ingin memperkenalkan ilustrasi saya ke publik," katanya seperti dalam rilis yang diterima Bisnis.com.

Salah satu seniman visual asal Yogyakarta, Achebong, menuturkan Catalyst Art Market dapat menjadi ajang networking dengan seniman lainnya. Dalam penyelenggara ini, dia menghadirkan artworks dan merchandise bersama brand Toserba, hasil kolaborasi dengan tiga seniman lainnya yaitu Brombie, Doodleganger, dan Hipme.

Di Catalyst Art, kalau untuk jualan karya, itu medianya saja sebenarnya. Namun, Catalyst Art Market dapat untuk networking, tambahnya.

Seniman muda sekaligus co-founder Karamba Art, Azis Wicaksono, menuturkan yang paling berkesan adalah saat sesi barter karya pada akhir gelaran ini.

"Kita langsung bertemu dan ngobrol langsung dengan orang yang beli dan suka dengan karya-karya kita," ujarnya.

Selain seniman visual, juga menghadirkan penampilan musik hasil kolaborasi dengan Substore (Network Toko Music Vinyl) dari Jakarta, Bandung, dan Tokyo.

"Kami dapat berkolaborasi dengan seniman visual lain, seperti membuat art-album, box music dan poster artist bareng-bareng," tutur salah satu co-counter Substore, Intan.

Kolektor vinyl asal Tokyo, Baba Masamichi, memiliki toko bernama Kiki Records. Selama delapan tahun, Baba Masamichi mengaku telah bolak balik Tokyo-Jakarta untuk mencari koleksi vinyl di Ibu Kota.

Pada gelaran Catalyst Art Market 6 banyak menyuguhkan konsep kolaborasi. Kolaborasi antar seniman, misalnya SROU x Kara Andarini, Resatio Adi Putra x Wickana Laksmi Dewi, Gogoporen x Kiswinar, Toserba (Achebong, Brombie, Doodleganger, Hipme), dan Buka Warung (Deyaho, Enomonsta, Kusuma Craft, Puji Lestari Ciptaningrum).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro