Nyeri punggung/boldsky.com
Health

7 Cara Mujarab Atasi Nyeri Punggung

JIBI
Senin, 23 Mei 2016 - 22:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyeri punggung adalah salah satu penyakit yang  kerap dialami oleh banyak orang, mulai dari punggung terasa kaku, pegal, atau bahkan lebih serius. Tak ada perawatan khusus yang diambil orang untuk mengatasi masalah ini, sebagian hanya minum obat.

Namun sebenarnya sakit di punggung bisa dicegah atau diobatai dengan cara yang alami. Di jurnal Healthista, fisioterapis Laura Harman memberikan tujuh cara mengatasi nyeri punggung dan ternyata hasilnya cukup mujarab.

1. Coba posisi tidur berbeda
Bila rasa sakit ada di leher, cobalah mengecek posisi bantal, apakah mendukung posisi kepala. Posisi yang baik adalah hanya kepala yang ada dibantal, leher dan bahu di luarnya. Bila leher dan bahu berada di atas bantal, persendian di bagian tubuh itu akan tertekan ke arah sebaliknya dan menyebabkan leher kaku.

Cobalah berbagai jenis bantal sampai mendapatkan yang pas, meski sebenarnya tak ada tipe bantal yang benar-benar cocok. Kasur yang lebih keras juga lebih baik dalam mengatasi sakit punggung dibanding yang empuk.

2. Gunakan imajinasi
Posisi tubuh yang tidak tepat bisa mengakibatkan ketidakseimbangan otot yang bisa menekan beberapa area di tulang belakang dan sehingga mengakibatkan rasa sakit.

Cobalah untuk berimajinasi ada balon gas di kepala yang bisa menarik tubuh sehingga posisinya tegak dan tulang punggung lurus dan tidak membuat bungkuk, serta dada lebih terlihat tegap.

3. Aktifkan kerangka
Buatlah kerangka tubuh lebih aktif, misalnya dengan berolahraga. Pilates sangat baik buat kerangka dan pilates penyembuhan dengan fisioterapis terpercaya adalah cara pengobatan sakit punggung paling ampuh.

4. Kombinasikan latihan fisik dengan pilates
Punggung yang kuat bisa menurunkan risiko sakit di bagian tersebut. Sebagian orang memilih latihan di gim dan sebagian memilih pilates. Sebenarnya cara tersebut kurang tepat. Akan lebih baik bila keduanya dikombinasikan.

5. Lupakan sepatu berhak datar
Sepatu berhak tinggi sering dianggap penyebab sakit di punggung dan lutut. Tapi mengenakan sepatu datar pun bisa berakibat buruk pada punggung, terutama bila tipe kaki kita juga datar. Pilihlah sepatu yang nyaman serta tidak terlalu tinggi atau datar.

6. Cari posisi duduk yang tepat
Posisi duduk bisa berpengaruh pada bagian punggung, terutama di daerah tulang ekor. Pilihlah kursi dengan sandaran yang tegak dan jangan terus duduk selama berjam-jam tanpa diselingi berdiri.

7. Jangan berhenti bergerak
Usahakan tidak duduk atau hanya berdiri diam dalam waktu yang lama. Jika sedang duduk, cobalah untuk berdiri setiap 20-30 menit, mengubah posisi, dan bergerak. Meregangkan otot atau hanya berjalan-jalan di ruangan kerja bisa membuat tulang punggung lebih rileks.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro