Deadlift sampai Sepeda, Ini Olahraga Sederhana yang Bahaya Buat Tulang Belakang!
Health

Deadlift sampai Sepeda, Ini Olahraga Sederhana yang Bahaya Buat Tulang Belakang!

Mutiara Nabila
Selasa, 12 Maret 2024 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Berolahraga memang sangat baik dan penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun ada pula beberapa olahraga yang bisa berbahaya bagi tulang belakang.

Sakit pada punggung atau pinggang belakang memang dialami oleh banyak orang. Namun, beberapa orang berisiko lebih tinggi mengalami cedera punggung kronis dan akut karena gaya hidup mereka, misalnya sebagai atlet atau sering berolahraga berat. 

Aktivitas berat ini menimbulkan ketegangan pada punggung yang dapat menyebabkan cedera bahkan pada atlet yang paling prima dan paling bugar sekalipun. 

Meskipun seluruh tulang belakang digunakan saat berolahraga, diperkirakan 5-10 persen dari semua cedera atletik berhubungan dengan tulang belakang lumbal (bagian bawah).

Dr. Lee Chee Kean, Consultant Orthopaedic Spine Surgeon ALTY Hospital Kuala Lumpur menyebutkan bahwa terdapat beberapa olahraga yang jadi favorit banyak orang, namun cukup berbahaya untuk tulang belakang. 

Pertama adalah deadlift atau angkat beban. Dengan mengangkat beban puluhan bahkan hingga ratusan kilo, bisa sangat berisiko apabila tidak dilakukan dengan teknik yang benar. 

"Olahraga ini tidak akan menguatkan otot kalau tekniknya salah. Makanya profesional sering menggunakan belt, itu bukan hanya melindungi otot pinggang, tapi juga yang di depan juga," jelasnya. 

Selanjutnya, sit up yang terlalu banyak. Dr. Lee menjelaskan bahwa saat sit up terlalu banyak, alih-alih membentuk otot perut justru bisa merusak sendi dan bantalan tulang punggung. 

"Saya pernah menangani pasien usia 19 tahun datang karena sakit punggung, ketika saya periksa bantalan tulang punggungnya sudah rusak semua, karena sehari sit up sampai 300 kali," ungkapnya.  

Kemudian bersepeda. Olahraga sederhana ini juga berisiko memberikan sakit punggung karena posisinya yang bungkuk dalam waktu lama.

Adapun, olahraga lainnya yang berisiko menimbulkan nyeri pada punggung adalah ski, bola basket, sepak bola, seluncur es, lari, golf, atau tenis. 

Tulang belakang mengalami banyak tekanan, penyerapan tekanan, puntiran, putaran, dan bahkan benturan saat melakukan olahraga tersebut.

Namun, olahraga tetap harus dilakukan agar badan tetap bugar dan sehat. Dr. Lee mengatakan, ada pilihan berenang yang paling bagus untuk memperkuat otot punggung dan melenturkan punggung.

"Apa pun olahraganya lakukan secara moderat dan dengan teknik yang benar, tidak perlu terlalu berlebihan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro