Cinema XXI/Ilustrasi-id.wikipedia.org
Entertainment

Film Bisa digunakan Sebagai Media Belajar

Azizah Nur Alfi
Senin, 23 Mei 2016 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Karya sebuah film juga dapat menjadi materi pembelajaran bagi guru untuk siswa di kelas. Hal ini yang ingin disampaikan penggagas Pentas Pendidikan, Najelaa Shihab, melalui peluncuran Sinema Edukasi, Senin (23/5/2016) di Taman Menteng, Jakarta.

Sinema Edukasi merupakan sebuah platform online tentang program pengembangan literasi media melalui film untuk siswa, guru dan orang tua. Platform tersebut dapat diakses di sinedu.id.

Dia melihat selama ini film karya anak bangsa belum banyak digunakan sebagai media pembelajaran. Melalui Sinema Edukasi, diharapkan menjadi pedoman bagi guru dan orang tua.

"Selama ini guru terpaku dengan pembelajaran menggunakan buku teks. Padahal, film juga bisa menjadi media pembelajaran," tuturnya.

Dalam website sinedu.id, akan tersaji film karya anak bangsa yang dapat ditonton secara gratis. Tidak terbatas pada menonton saja, tetapi juga memberikan pedoman pada guru dan orang tua untuk melakukan pembelajaran melalui film. Akan ada panduan sebagai bahan diskusi untuk membahas seputar film. Seperti pertanyaan tentang karakter, setting, hingga cerita dibalik pembuatan sebuah film.

"Selama ini kendalanya tidak ada sumber belajar yakni buku teks. Dari film, kita juga bisa belajar," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro