Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8)./Antara-Hafidz Mubarak A
Health

Kemenkes Siapkan 262 Tim Nusantara Sehat

Nindya Aldila
Minggu, 23 Oktober 2016 - 23:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan tengah menggodok tim nusantara sehat (NS) Batch V/2016 di Pusdikes Kodiklat TNI AD, Jakarta Timur. Peserta NS Batch V berjumlah 262 peserta yang akan ditugaskan di Aceh hingga Papua.

Menteri kesehatan nila F. Moeloek mengatakan tim tersebut terdiri dari  20 analis laboratorium, 47 bidan, 9 dokter gigi, 7 dokter, 45 perawat, 30 tenaga farmasi, 42 tenaga gizi, 32 tenaga kesehatan lingkungan, dan 30 tenaga kesehatan masyarakat.

Tim NS Batch V akan ditugaskan di 47 Puskesmas di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK), dari Prov. Aceh hingga Papua Barat, tersebar di 23 Kabupaten di 14 Provinsi. Rencananya mereka akan ditugaskan pada akhir November 2016 mendatang.

Salah satu kebijakan Kementerian Kesehatan RI untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan Primer. Kebijakan ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer.

Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat untuk melakukan upaya preventif dan Promotif secara luas. 

Untuk itu, pemerintah mencanangkan Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) sebagai payung besar tercapainya hidup sehat, dan 50% prevalensi penyakit menurun. Selain itu, Kementerian Kesehatan melalui Program Nusantara Sehat akan terus berperan secara aktif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara adil dan merata.

“Program Nusantara Sehat, diyakini mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga kesehatan, karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan terlatih. Nusantara Sehat juga merupakan program Kementerian Kesehatan yang fokus pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat di daerah , dengan melibatkan pemerintah daerah untuk bersama – sama melaksanakan pelayanan kesehatan secara terintegrasi, terpadu  dan berkualitas," ungkapnya, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (23/10/2016).
 
Sejak 2015, Kementerian Kesehatan telah melaksanakan program Nusantara Sehat, dimana telah ditempatkan 694 tenaga kesehatan, terhimpun dalam 120 tim, yang tersebar di 15 Provinsi, 48 Kabupaten/Kota, di 120 Puskesmas. Tahun 2016 Kementerian Kesehatan telah menempatkan 466 Tenaga Kesehatan yang tersebar di 84 Puskesmas dan 16 Provinsi.

Selain itu peserta pembekalan diharapkan dapat langsung berkolaborasi dengan aparat pemerintah dan TNI AD yang berada di wilayah kerja masing-masing.

“Melalui pembekalan ini kami titipkan peserta Pembekalan Tim Nusantara Sehat kepada TNI AD untuk mendapat perhatian dan bantuan saat bertugas didaerah NKRI. Sekali lagi, terimakasih atas kerjasama TNI AD dalam hal ini Pusdikkes Kodiklat TNI AD yang telah bersedia memfasilitasi tempat Pembekalan Tim Nusantara Sehat,” tegas Menkes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro