Ilustrasi/Thegloss
Health

5 Hal Yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Berolahraga

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Desember 2016 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Olahraga yang terus menerus dapat memberikan manfaat besar pada tubuh, dimana tubuh akan fit, dan kesehatan terjaga.

Tetapi apa yang terjadi jika Anda berhenti melakukannya? Ternyata hasilnya dahsyat dan mengejutkan juga. Jika seseorang berhenti melakukan olahraga, dapat menyebabkan efek serius pada tubuh termasuk kelebihan berat badan dan kehilangan memori.

Tubuh Anda juga akan mulai mengalami masalah kesehatan lainnya. Berikut beberapa hal yang terjadi jika Anda berhenti berolahraga seperti dilansir boldsky.com:

Tekanan Darah Meningkat

Tekanan darah Anda akan mulai naik segera setelah Anda berhenti melakukan olahraga. Bila Anda menjalani gaya hidup yang tidak sehat tanpa berolahraga, pembuluh darah Anda cenderung untuk memperlambat gerakan dan hasilnya adalah terjadi peningkatan tekanan darah.

Setelah 3 minggu tanpa olahraga, arteri dan vena akan kaku, sehingga menyulitkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Namun, jika Anda mulai olahraga lagi, seluruh kekakuan itu akan kembali normal.  Setelah tubuh Anda mulai berkeringat, tekanan darah mulai drop dan mencapai tingkat minimum yang diperlukan oleh tubuh. Jantung mulai memompa keluar dengan cara yang tidak normal, sehingga menyebabkan efek pada tubuh.

Tingkat Gula Meningkat

Setelah Anda berhenti melakukan olahraga, tingkat glukosa dalam tubuh meningkat. Tingkat gula kemudian turun. Jaringan dan otot menggunakan glukosa untuk mengubahnya menjadi energi. Namun, setelah Anda berhenti olahraga, tingkat gula dalam darah tetap stabil selama 2-3 minggu dan kemudian tingkat gula mulai naik. Jika Anda tidak memilih untuk kegiatan apapun, tingkat lonjakan gula dan lebih mengarah ke risiko diabetes, masalah jantung, dan masalah tiroid. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih olahraga, karena membantu menyeimbangkan tingkat gula dalam tubuh dan juga membantu mengobati diabetes jenis 2, dan juga tiroid

Meningkatkan Berat Badan Anda

Segera setelah Anda memiliki berhenti berolahraga, berat badan Anda cenderung naik. Seiring dengan berat badan, Anda juga dapat melihat perbedaan dengan lingkar pinggang, yang berarti meningkat beberapa inci.

Saat olahraga, berat badan Anda mulai menyusut dan setelah Anda meninggalkan olahraga, berat badan Anda akan naik lebih cepat dari biasanya. Anda juga dapat merasakan kelelahan cukup sering dan melihat perubahan besar dalam massa tubuh Anda.

Metabolisme menurun

Dua minggu setelah Anda berhenti melakukan olahraga, tubuh Anda melambat meraih potensi untuk menurunkan berat badan dan metabolisme dalam tubuh menurun. Ini juga dapat menyebabkan bentuk tidak rata tubuh. Bahkan setelah melakukan cardio, latihan otot dan aerobik, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk kembali dalam bentuk seperti saat Anda berolahraga dahulu. Anda mungkin akan menambah berat badan 50 persen setelah berhenti berolahraga, dan kehilangan hanya 10 persen saja saat memulainya kembali

Otak Anda akan terpengaruh

Menghentikan olahraga tidak hanya mempengaruhi tubuh Anda, tetapi juga dapat memengaruhi otak Anda. Dua minggu setelah Anda berhenti melakukan olahraga, otak Anda akan kehilangan kemampuannya sebagian besar. Menurut penelitian, dikatakan bahwa melakukan olahraga dapat membantu untuk meningkatkan setiap bagian dari tubuh dan juga meningkatkan kerja otak. Menghentikan olahraga menghentikan otak Anda untuk berfungsi secara normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro