Uang panai seringkali menjadi momok. /21cineplex
Entertainment

Uang Panai, Film Daerah Terpilih Piala Maya 2016

Ramdha Mawaddha
Senin, 19 Desember 2016 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kabar gembira bagi industri film Makassar. Film berjudul Uang Panai karya Sutradara Halim Gani Safia, Asril Sani berhasil memperoleh penghargaan film daerah terpilih Piala Maya 5 tahun ini yang digelar di Grandkemang Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Pemilihan film Uang Panai ini tentu bukan tanpa alasan. Film ini sukses menarik 500.000 penonton dalam waktu satu bulan penanyangan.

Film yang bergenre komedi ini menceritakan bahwa dalam tradisi Bugis Makassar, salah satu syarat utama menikah bagi pihak laki-laki adalah uang panai, sejumlah uang yang diberikan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita di luar uang mahar yang jumlahnya disepakati oleh kedua belah pihak atau keluarga.

Uang panai sering menjadi momok, karena jumlahnya kerap fantastis. Hal tersebut yang membuat fenomena uang panai diangkat ke layar lebar oleh Makkita Cinema Production.

Film ini dibintangi oleh Katon Bagaskara, Jane Shalimar, Ikram Noer, Nur Fadillah juga  Abu dan Tumming dirilis pada 25 Agustus 2016.

Prestasi ini tentu menjadi semangat baru bagi insan perfilman daerah. Sehingga di tahun 2017 kembali akan dirilis film bertma lokal lainnya yang berjudul Silariang (kawin lari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro