Penderita demam berdarah dengue (DBD)/Antara
Health

Waspadai Potensi Penyakit di 2017 Berikut Ini

Rezza Aji Pratama
Kamis, 29 Desember 2016 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah dihebohkan oleh virus Zika beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan mengidentifikasi sejumlah penyakit yang berpeluang mengintai di 2017.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M. Subuh mengatakan salah satu penyakit yang patut menjadi perhatian adalah flu burung. Ini merupakan penyakit influenza menular yang bisa ditularkan melalui unggas.

“Tahun ini kita memang tidak menemukan kasus flu burung, tetapi di China sudah mulai merebak sehingga kita perlu waspada,” ujarnya, Kamis (29/12). Subuh mengatakan guna mengantisipasi penyakit tersebut, pihaknya berupaya melakukan pencegahan sejak dini.

Selain itu Kementerian Kesehatan juga sudah menyiapkan beberapa jenis obat seperti Tamiflu dan antibiotik untuk mengobati penyakit tersebut. Selain flu burung, beberapa penyakit lain yang juga patut di waspadai adalah demam berdarah dan HIV/AIDS.

Menurut Subuh keduanya merupakan penyakit yang masih terus mengintai setiap tahunnya. Guna memaksimalkan pemantauan potensi penyakit, Subuh menjelaskan pihak kementerian akan memanfaatkan fasilitas emergency operations center.

Ini merupakan pusat pemantauan yang melibatkan berbagai teknologi guna mendeteksi keberadaan penyakit di masyarakat. EOC bekerja selama 24 jam agar lebih optimal.

Subuh menjelaskan, 2016 merupakan tahun penuh tantangan karena terjadi beberapa momen penting di dunia kesehatan seperti penyebaran virus Zika hingga peredaran vaksin palsu. Dia berharap 2017 bisa lebih maksimal dengan belajar di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro