Pekerja menyelesaikan pembuatan sepatu berbahan kulit, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/3)./Antara-Moch Asim
Fashion

Ingin Sepatu Awet? Ini Caranya...

Nindya Aldila
Rabu, 28 Juni 2017 - 22:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebaik-baiknya merawat sepatu adalah dengan menggunakannya. Namun, ketika Anda sudah punya banyak sepatu, waktunya Anda melakukan upaya khusus untuk menyimpan dan merawat sepatu-sepatu Anda.

Dikutip dari Fashionbeans, ada beberapa cara untuk merawat sepatu Anda.

Pertama, untuk merawat sepatu adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Hindari mesin cuci karena akan merusak material dan karetnya. Daripada memasukannya ke laundry, lebih baik Anda mengeluarkan sedikit uang untuk membeli cairan khusus pembersih sepatu yang bisa meresap masuk ke dalam kain sepatu, tetapi tidak akan merubah tekstur kain itu sendiri.

Kedua, gunakan insert dalam sepatu. Insert ini ditaruh di dalam sepatu ketika sepatu tidak digunakan. Jangan biarkan sepatu Anda kehilangan bentuknya.  Selain itu, taruhlah sepatu ke dalam rak, bukan mencampurnya dalam tumpukan sepatu-sepatu yang lainnya.

Ketiga, jagalah kebersihan sehari-hari saat Anda menggunakan sepatu Anda. Pelindung sepatu berupa semprotan bisa membantu Anda untuk melindungi sepatu Anda. Semprotkan sekali setiap empat minggu untuk membersihkan ciprata air saat hujan atau saus. Pastikan Anda mengikuti instruksi produk pembersih tersebut.

Keempat, simpanlah di kotak sepatu. Menyimpan sepatu di dalam kotak aslinya boleh saja, tetapi jika Anda memiliki kotak yang lebih besar, maka umur sepatu Anda akan lebih panjang. Simpanlah sepatu Anda di tempat yang dingin, gelap, dan tidak lembab.

Kelima, tinggalkan kebiasaan menyimpan sepatu secara konvensional. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari sepatu atau letakkan di dalam rak sepatu. Hindari menyimpan sepatu di dalam plastik untuk menghentikan tumbuhnya jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro