Seniman membawakan Tari Telek pada Pesta Kesenian Bali ke-38 di Taman Budaya Denpasar, Minggu (26/6). /Antara
Fashion

Tangkal Radikalisme Lewat Seni

Dika Irawan
Selasa, 4 Juli 2017 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sehubungan semakin mengancamnya paham radikalisme di Indonesia, seni dianggap cara efektif untuk menangkal hal tersebut.

Pemilik galeri dan pecinta seni Vivi Yip prihatin dengan radikalisme yang kian mengancam masyarakat. Terlebih radikalisme mengancam anak-anak. Sebagai pihak yang berkutat di bidang seni, Vivi percaya kesenian dapat meredam hal tersebut.

Salah satu caranya dapat dengan mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan seni.

“Dengan libatkan aktivasi kesenian dalam diri mereka [anak-anak], mereka akan memiliki perspektif lain dan kemampuan kritisnya akan berjalan,” ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Wanita yang pernah berkarier di balai lelang Sotheby’s tersebut menambahkan, orang-orang yang terlibat dalam terorisme umumnya tersesat karena tak memiliki pilihan lain. Menurutnya, mereka yang terlibat gerakan teroris bukanlah orang bodoh, tetapi hanya mengaktivasi otak kirinya saja. Sedangkan, otak kanannya tidak terisi.

Dengan seni, ujar Vivi, akan terjembatani antara otak kiri dan kanan sehingga pemikiran mereka akan seimbang. Bagi Vivi, orang-orang yang mengaktifkan otak kanannya seperti seniman tak mudah terpengaruh dalam hal-hal berkonotasi radikalisme.

“Tak ada kan seniman yang radikal atau teroris,” ujarnya.

Vivi menuturkan, belum lama ini hal tersebut telah dipraktikkan dalam sejumlah acara. Para guru diberi pelatihan tentang mengajar dengan menyertakan kesenian di dalamnya. Hasilnya, imbuh Vivi, para guru tersebut senang dengan metode tersebut.

Dia mengaku telah menyampaikan hal itu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya, Vivi berharap Pemerintah mengimplementasikan hal itu. Lebih dari itu, Vivi melihat sudah saatnya anak-anak sekolah mendapat pelajaran seni rupa yang utuh.

“Saya prihatin anak-anak SMA tidak tahu siapa itu Affandi?,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro