Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (kedua kiri) bersama delegasi Bank Dunia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (kedua kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Fashion

Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Dipamerkan Sepanjang Agustus

Dika Irawan
Senin, 31 Juli 2017 - 06:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus menjadi momentum yang selalu ditunggu oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada peringatan ke-72 kali ini, pemerintah akan menggelar sejumlah acara selama bulan Agustus mendatang salah satunya pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan bertajuk Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, 2-30 Agustus mendatang.

"Ini menunjukkan keseriusan kita sebagai bangsa, merayakan, menghayati, mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah kita raih dan tahun ini kita memasuki tahun yang ke-72," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan tertulis, Senin (31/7/2017).

Berawal pada 1 Agustus 2017 mendatang, pameran kali ini akan menampilkan lebih banyak koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia dan beragam kegiatan lainnya. Sehingga, imbuhnya, diharapkan antusiasme masyarakat terhadap acara tersebut akan semakin bertambah.

"Kami akan ada pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan, yang tahun ini kami beri tajuk 'Senandung Ibu Pertiwi'," tuturnya.

Sementara itu malam harinya, zikir kebangsaan akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, sebagai rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah mencapai usia 72 tahun. Sejumlah ulama dan para santri dari berbagai pondok pesantren akan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Hal ini sesuai dengan komitmen pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam berbagai acara kenegaraan.

Selain itu, rangkaian kegiatan akan terus berlanjut di seluruh penjuru Tanah Air. Seperti pada 10 Agustus 2017, akan dilaksanakan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-22 di Makasar, Sulawesi Selatan.

Kemudian akan ada peluncuran dan kick off pembinaan ideologi Pancasila di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada 11 Agustus 2017. Sedangkan peringatan Hari Pramuka serta penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan akan diselenggarakan secara berturut-turut pada 14 dan 15 Agustus 2017.

"Ya pada 11 Agustus ini, UKP-PIP, Pak Yudi Latief dan kawan-kawan membuat inisiatif bahwa kita harus memperkuat pembinaan ideologi Pancasila ini, sebagaimana dimandatkan dalam unit kerja presiden tersebut," ungkap Pratikno.

Lebih lanjut, Pratikno menjelaskan bahwa pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan pesan melalui media sosial. Caranya dengan membuat video yang sangat sederhana dan mereka berkumpul serta membawa bendera dengan jumlah yang banyak sambil meneriakkan slogan peringatan kemerdekaan yang ke-72.

"Ruang car free day ini akan dimanfaatkan secara optimal, judulnya "Ayo Kerja Bersama". Kerjasama untuk berbagai hal, untuk kebaikan bangsa kita," ucapnya.

Peringatan kemerdekaan tahun ini juga diisi dengan beragam festival kesenian. Mulai dari festival prestasi Indonesia pada tanggal 22 Agustus 2017 hingga karnaval kemerdekaan. Apalagi peringatan kemerdekaan tahun ini bertepatan dengan satu tahun menjelang perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia.

Momentum tersebut dimanfaatkan pemerintah untuk menggelar sebuah pertunjukan yang luar biasa untuk memperingati countdown Asian Games 2018. Sejumlah artis dari Asia dinyatakan akan turut memeriahkan acara tersebut.

"Akan menjadi atraksi yang sangat luar biasa karena baru dua kali diselenggarakan di dunia. Dan yang kedua kali di Indonesia, Jakarta, untuk memperingati countdown Asian Games 2018," ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Sebagai penutup rangkaian peringatan kemerdekaan, karnaval kemerdekaan akan digelar di Bandung dengan melibatkan seluruh pekerja seni Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro