Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait pernikahan anak keduanya Kahiyang Ayu di kediaman pribadi, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9). Putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu akan menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017./ANTARA-Mohammad Ayudha
Entertainment

Jokowi Menanak Nasi di Pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution

Newswire
Rabu, 27 September 2017 - 06:36
Bagikan

Bisnis.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menanak nasi dalam prosesi adat Jawa saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan digelar di Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017.

Menurut putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, upacara menanak nasi itu dalam bahasa Jawa disebut "Adang Pisan"

Menanak nasi merupakan awal dari prosesi pernikahan adat Jawa. Jokowi akan menyalakan api, dan Iriana yang menanak nasi, prosesi itu bermakna keduanya akan memikul beban bersama-sama agar kegiatan berjalan lancar.

“Prosesi dilanjutkan dengan acara siraman atau mandi dengan air yang diambil dari tujuh sumber mata air. Tujuh atau bahasa jawanya (pitu), artinya "pitulungan" agar mendapatkan pertolongan,” ujar Gibran di Solo, Selasa (26/0/2017).

Setelah itu, kata Gibran, prosesi dilanjutkan dengan acara siraman atau mandi dengan air yang diambil dari tujuh sumber mata air. Tujuh atau bahasa jawanya (pitu), artinya "pitulungan" agar mendapatkan pertolongan.

Acara dilanjutkan dengan mengendong Kahiyang, atau dalam Bahasa Jawa disebut "Bopongan" yang dilakukan oleh Jokowi.

Selama pernikahan, akan ada musik gamelandi dalam gedung maupun di luar, serta tarian Jawa yang akan dibawakan seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro