Logo Cannes terlihat di salah satu sudut kota di pesisir selatan Prancis itu untuk memeriahkan penyelenggaraan Cannes Film Festival 2017./Reuters-Stephane Mahe
Entertainment

Netflix Batal Hadir di Cannes Film Festival

Annisa Margrit
Kamis, 12 April 2018 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Netflix menarik diri dari Cannes Film Festival setelah pihak penyelenggara menolak mengikutsertakan film-film yang ditayangkan di platform streaming film tersebut dalam kompetisi.

Pihak penyelenggara salah satu festival film paling bergengsi itu melarang film produksi Netflix diikutsertakan karena perusahaan asal AS tersebut tidak mau menayangkan film-filmnya di bioskop.

Kepada Variety, Chief Content Officer Netflix Ted Sarandos mengatakan percuma hadir di Cannes jika festival tersebut mengubah aturannya.

"Kami ingin film-film kami bersaing dengan adil dengan peserta lainnya. Ada risiko yang harus kami tanggung dengan perlakuan tak adil kepada para pembuat film dan film-film kami yang sudah diproduksi. Mereka [pihak penyelenggara] sudah menetapkannya. Saya rasa tidak baik untuk kami jika terus berada di sana," paparnya, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (12/4/2018).

Netflix Batal Hadir di Cannes Film Festival

Film Okja.

Sarandos juga menyatakan tak akan menghadiri festival tersebut. Tetapi, beberapa pejabat perusahaan akan hadir untuk mencari film yang dapat dibeli hak tayangnya.

Sebelumnya, Direktur Cannes Thierry Fremaux mengungkapkan Netflix telah menolak untuk menayangkan filmnya di bioskop Prancis. Oleh karena itu, pihaknya akan melarang film-film Netflix untuk ikut serta dalam kompetisi.

Namun, Netflix masih bisa menayangkan filmnya dalam rangkaian acara festival itu.

Beberapa film Netflix sebenarnya sudah ditayangkan di bioskop secara terbatas, salah satunya adalah Bright yang dibintangi Will Smith. Tetapi, mayoritas jaringan bioskop menolak menayangkan film-film mereka karena diluncurkan di hari yang sama dengan penayangan perdana secara online.

Biasanya, studio film menayangkan hasil produksi mereka di bioskop secara eksklusif selama tiga bulan.

Tahun lalu, Netflix membawa Okja karya Bong Joon Ho dan The Meyerowitz Stories karya Noah Baumbach. Keduanya mendapat respons positif dari para penonton yang hadir.

Netflix Batal Hadir di Cannes Film Festival

Film Bright.

Sebaliknya, para pengelola sinema di Prancis memprotes keikutsertaan dua film ini karena Netflix tidak menayangkannya di bioskop. Prancis memiliki aturan bahwa film layar lebar baru bisa ditayangkan di televisi 36 bulan setelah dirilis di bioskop.

Pada Oscar 2018, film Mudbound meraih lima nominasi sedangkan Icarus berhasil memenangkan kategori Film Dokumenter Terbaik. Tahun ini, Netflix berencana merilis 80 film untuk ditayangkan kepada 109 juta pelanggan mereka di seluruh dunia.

Belum lama ini, sutradara ternama Steven Spielberg juga menilai film-film Netflix tak layak masuk nominasi Oscar. Pasalnya, Netflix tidak menayangkan filmnya di bioskop dan hanya disiarkan di televisi.

Walaupun ada film yang ditayangkan di bioskop, waktu penayangannya hanya beberapa hari sehingga dianggap tidak cukup untuk bersaing dengan film-film lainnya. 

Adapun Cannes Film Festival bakal digelar pada 8-19 Mei 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro