Anda Pasti Bisa Menghadapi Kegagalan

Dalam dunia yang menuntut kesuksesan, kegagalan sering dianggap sebagai situasi yang paling buruk. Hal ini yang membuat banyak orang semakin sulit untuk melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan bertumbuh.
Tika Anggreni Purba | 19 November 2018 11:15 WIB
Ilustrasi kegagalan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam dunia yang menuntut kesuksesan, kegagalan sering dianggap sebagai situasi yang paling buruk. Hal ini yang membuat banyak orang semakin sulit untuk melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan bertumbuh.

Kegagalan bukanlah akhir dari segala sesuatu, justru bisa menjadi langkah awal untuk memulai hal yang baru. Apakah Anda merasa sulit bangkit dari kegagalan? Berikut beberapa cara bijaksana untuk menghadapi kegagalan seperti dilansir lifehack.org:

1. Akui bahwa Anda gagal
Sangat penting untuk mengakui kenyataan bahwa apa yang kita alami adalah kegagalan. Hal ini akan membantu untuk menyadari fokus apa yang perlu kita lakukan selanjutnya. Kita perlu mengakui kegagaln namun jangan terlarut di dalamnya.
 
2. Pandang kegagalan sebagai kesempatan
Mengalami kegagalan bukanlah hal yang membahagiakan. Namun, bukan berarti kita bertahan dalam hal itu. Sebaiknya buka cara pandang lebih luas, sehingga Anda bisa menghadapi kegagalan dengan pola pikir yang baru bahwa kegagalan adalah langkah awal untuk mencapai kesuksesan.
 
3. Belajar dari kegagalan
Melalui kegagalan kita bisa mempelajari kembali apa yang salah dari langkah-langkah yang pernah kita tempuh. Dengan begitu kita bisa mengidentifikasi apa yang salah, apa yang tidak bekerja dengan baik, dan rencana apa yang seharusnya bisa dilakukan untuk sukses di lain hari.
 
4. Bertanggung jawab untuk kesalahan sendiri
Salah satu penyebab dari kegagalan biasanya berasal dari diri sendiri. Belajarlah untuk menerima kenyataan itu dan bertanggung jawab atas kesalahan yang membuat kita gagal.
 
5.Ingat  kegagalan masa lalu yang membawa Anda pada kesuksesan
Jika kegagalan hari ini membuat Anda menderita, ingatlah akan kesuksesan yang pernah Anda raih sebelumnya. Hal ini akan memotivasi  untuk menemukan bahwa masih ada harapan di balik kegagalan.

Tag : kegagalan, Tips Karir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top