Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LUKISAN MAHAL: Pertempuran Sultan Agung Vs JP Coen Bisa Laku Puluhan Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA-- Sejumlah karya pelukis maestro Sudjojono mencapai puluhan miliar rupiah.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 09 April 2013  |  21:55 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-- Sejumlah karya pelukis maestro Sudjojono mencapai puluhan miliar rupiah.

Kurator dan Ahli Museum Amir Sidharta mengatakan lukisan yang dihasilkan Sudjojono memiliki keunikan tersendiri yang bisa memberikan nilai tinggi.

"Kalau dilihat dari segi ukuran, untuk karya Sultan Agung bisa sampai lah Rp40 miliar," ujarnya kepada Bisnis usai acara Mahakarya S. Sudjojono: Pertempuran antara Sultan Agung dan JP Coen-Abadikan atau Lupakan? Selasa (9/4/2013).

Lukisan Pertempuran antara Sultan Agung dan Jan Pieterszoon Coen yang rampung pada 1974 merupakan pesanan dari Gubernur Jakarta saat itu, yakni Ali Sadikin, sebagai bagian dari peresmian Museum Sejarah Jakarta pada 1974.

Lukisan berukuran 3x10 meter persegi tersebut menceritakan peristiwa penting yang terjadi di Indonesia sebelum diraihnya kemerdekaan. Sultan Agung, raja Mataram pada saat itu menyerang pasukan JP Coen, Gubernur Jenderal VOC di Batavia (sekarang Jakarta).

Sementara dalam diskusi siang tadi, hadir beberapa tokoh yang terlibat dalam proses pembuatan lukisan tersebut antara lain Prof. Ing Wardiman Djojonegoro selaku mantan Menteri P&K dan Anggota Tim Pemesanan Lukisan Sultan Agung, Rose Pandanwangi selaku founder Sudjojono Center sekaligus sang istri dan Akum Suhanda, seorang pegawai museum dan salah satu model yang terlibat dalam lukisan monumental tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lukisan sudjojono sultan agung & coen

Sumber : Miftahul Khoer

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top