Fashion

PUTIH TELUR: Bermanfaat Turunkan Darah Tinggi

Ismail Fahmi
Rabu, 10 April 2013 - 14:20
Bagikan

BISNIS.COM, WASHINGTON--Kalau Anda khawatir memakan kunig telur dapat menambah kolesterol dalam tubuh, tidak demikian halnya dengan putih telur. Justru putih telur bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

Para ilmuwan  Selasa (9/4) menawarkan bukti baru mengenai komponen di dalam putih telur yaitu menurunkan tekanan darah.

Hasil studi itu merupakan bagian dari pertemuan nasional dan eksposisi ke-245 Asosiasi Kimia Amerika (ACS), perkumpulan ilmuwan terbesar di dunia, yang masih berlangsung di New Orleans hingga Kamis.

"Penelitian kami menawarkan kemungkinan ada alasan lagi mengapa kita menyebut 'telur adalah makanan luar biasa'," kata kepala peneliti Zhipeng Yu dari universitas Jilin, China.

"Kami mempunyai bukti laboratorium bahwa bagian dari putih telur -- peptida-- salah satu pembentuk protein, dapat menurunkan tekanan darah sedikitnya sama dengan dosis captopril--obat tekanan darah tinggi," katanya, Rabu (9/4).

Yu dan kawan-kawannya menggunakan peptida yang disebut RVPSL dan mendapati bahwa bagian tersebut mempunyai daya untuk menghadang langkah ACE, suatu zat di dalam tubuh yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Percobaan yang dilakukan terhadap tikus menunjukkan bahwa RVPSL tidak memiliki dampak beracun dan menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang setara dengan kemampuan obat captorpril.

Yu yakin bahwa peptida putih telur apakah dalam bagian telur atau dalam bentuk suplemen, dapat bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Temuan mengenai manfaat putih telur dan tekanan darah tinggi itu meningkatkan pamor akan telur sebagai makanan kaya nutrisi. (Antara/Reuters/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro