Fashion

Teh Putih Kaya Antioksidan

Rahmayulis Saleh
Minggu, 14 April 2013 - 17:15
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-Bagi Anda yang suka minum teh setiap hari, kini ada teh putih yang kaya antioksidan, dan sangat baik untuk kesehatan. Minum segelas teh putih, nilainya setara dengan 12 gelas jus jeruk segar.

Untuk memperkenalkan produk baru ini, PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) hari ini, Minggu (14/4/2013), meluncurkan produk Excellent Gamboeng White Tea yang kaya akan antioksidan.

Acara tersebut dilakukan bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Perdagangan, serta sekitar 5.000 orang peserta senam sehat di Kantor BUMN, Jakarta.

Bahan baku white tea adalah pucuk teh yang masih kuncup, atau biasa disebut peko. Peko ini diolah tanpa melalui proses oksidasi atau hanya sedikit terjadi oksidasi polifenol, sehingga white tea memiliki antioksidan tinggi.

"White tea juga memiliki rasa yang lembut, menyegarkan, dan  beraroma wangi," kata Undang Fadjar, Kepala Biro Pengembangan PT Riset Perkebunan Nusantara, di Jakarta, Minggu (14/4/2013).

Menurut dia, teh putih juga sangat baik untuk kesehatan, sebagai pencegah terjadinya mutasi sel penyebab kanker.

Dia menuturkan di Indonesia  banyak produsen teh putih. Diantaranya BUMN Perkebunan, seperti PTPN VIII, PTPN IX, PTPN XII, PT RNI, dan PT RPN.

PT RPN melalui melalui Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gamboeng, berhasil memproduksi klon seri gamboeng. Salah satunya memproduksi Excellent Gamboeng White Tea, yang baru saja diluncurkan.

"Secangkir Exellent Gamboeng White Tea mengandung antioksidan setara dengan 12 gelas jus jeruk segar," ungkap Undang.

Menurut dia, disebut white tea karena penampakan the ini putih keperakan mengkilat dari bulu-bulu yang menyelimutinya, dan bentuknya runcing seperti jarum.

Manfaat teh putih ini, lanjutnya, antara lain sangat baik menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dipercaya dapat melindungi jantung, dan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu juga dapat menurunkan berat badan, mencegah penuaan dan kerusakan pada kulit, membakar lemak dan mencegah munculnya sel-sel lemak baru, menjadikan tulang, gigi dan gusi lebih kuat, mencegah dan melawan pengaktifan sel usus besar, dan prostat, serta membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro