Health

BELANJA ONLINE: Orang Indonesia Suka Berbagi Rekomendasi

Galih Kurniawan
Kamis, 2 Mei 2013 - 19:47
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Sepanjang 2012, pengguna jejaring sosial di Indonesia ternyata paling aktif se-Asia Tenggara dalam membagi rekomendasi belanja online.

Menurut Index e-Commerce yang dilansir Rakuten, sebanyak 45% konsumen di dunia secara aktif merekomendasikan produk di media sosial. Di Indonesia jumlahnya mencapai 78% dari total konsumen yang disurvei. Pengguna di Malaysia yang merekomendasi belanja online hanya tercatat 67%, diikuti Thailand sebesar 65%.

Menurut data penelitian tersebut, ketertarikan konsumen dalam belanja sosial meningkat di seluruh dunia. Lonjakan belanja sosial paling besar terjadi di Amerika Serikat di mana 39% konsumen berbelanja dengan memanfaatkan media sosial, naik 20% dibandingkan dengan Agustus 2012.

Presiden Direktur dan CEO PT Rakuten-MNC Ryota Inaba mengatakan platform sosial sedang bersiap untuk tumbuh. Gartner meramalkan awal tahun ini sekitar 50% informasi tentang konsumen baru akan didapat berdasarkan identitas dari jejaring sosial.

"Kami menyaksikan pertumbuhan trafik hingga dua setengah kali lipat melalui jejaring sosial selama 12 bulan terakhir. Sebagai industri kami perlu membangun kepercayaan konsumen dalam platform belanja sosial," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (2/5/2013).

Index e-Commerce menyebutkan rata-rata nilai belanja yang dihabiskan di negara-negara yang disurvei sepanjang 2012 mencapai US$725 per orang. Konsumen di Inggris berada di urutan teratas dalam nilai belanja dengan menghabiskan rata-rata US$1.700 per orang, sedangkan konsumen di Indonesia hanya menghabiskan rata-rata US$239 per orang. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro