Travel

WISATA KEPULAUAN SERIBU: Murah Lewat Angke, Mahal dari Ancol

Akhirul Anwar
Rabu, 5 Juni 2013 - 16:34
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Libur hari raya sekaligus menjelang akhir pekan saat ini dimanfaatkan warga Jakarta mendatangi pulau di Kepulauan Seribu salah satunya Pulau Pari. Pulau seluas 42 hektare tersebut menjadi favorit selain pulau lain yakni pulau Tidung, Pulau Pramuka maupun resort pulau Bidadari, Putri, Pantara Matahari, Ayer dan Otok.

Bagi anda yang ingin sekedar menghabiskan liburan bisa mempertimbangkan akomodasi menuju pulau tersebut. Wisatawan reguler biasanya memilih pulau Pari dan Tidung karena menyuguhkan pantai yang bersih dan menarik.

Apabila kantong sedang tipis bisa berangkat menuju dermaga Muara Angke naik kapal kayu besar yang bisa menampung ratusan orang. Kapal itu bisa juga untuk membawa sepeda motora atau sepeda kayuh.

Biayanya cukup murah untuk sampai ke pulau pari dengan jarak tempuh 1 jam – 1,5 jam tarifnya Rp35.000 sehingga pulang pergi cukup dianggarkan Rp70.000. Kapal ini berangkat sekitar pukul 06.00 – 08.00.

Sementara itu bagi yang berkantong tebal bisa memilih dermaga 6 Marina Ancol menggunakan kapal cepat reguler dengan kapasitas angkut sekitar 45 orang dilengkapi AC. Kapal ini sangat cepat menerjang ombak, sehingga Ancol menuju pulau Pari cukup ditempuh dalam waktu 30 menit – 45 menit. Kalau memang rombongannya banyak, bisa menyewa satu unit kapal tersebut seharga kurang lebih Rp5 juta.

Kepala Suku Dinas Kominfomas Kepulauan Seribu Agus Trimurtoyo mengatakan setiap pulau memiliki eksotisme masing masing. Di Pulau Pari ada pantai pasir Perawan dengan pasir putih dan tanaman mangrove yang menawan. Kemudian di pulau Tidung terkenal dengan jembatan cinta dimana wisatawan bisa meloncat ke laut dari atas jembatan itu.

Pilihan tepat jika hanya libur dua sampai tiga hari tidak perlu jauh-jauh keluar kota. Memang tidak ada hotel bintang lima di Pulau Seribu, hanya ada homestay dan makanan sederhana. Namun kesunyian suasana malam kepulauan seribu diyakini bisa melepas penat kota Jakarta yang disibukkan rutinitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akhirul Anwar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro