Fashion

Busana Muslim Indonesia Siap Tembus Pasar Global

Reni Efita
Kamis, 25 Juli 2013 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara Jakarta Fashion Week (JFW)  telah mempersiapkan perancang busana muslim untuk menembus pasar global pada 2014. Bahkan, pada 2015 Indonesia diharapkan sebagai pusat busana muslim di Asia.

Kategori busana muslim merupakan salah satu kategori yang ditampilkan di panggung JFW 2014 yang akan berlangsung pada 19-25 Oktober di Senayan City.

Selama ini, busana muslim memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan industri mode di Indonesia, karena memiliki konsumen yang banyak di dalam negeri dan manca negara.

Untuk mempersiapkan perancang busana muslim yang go internasional itu, JFW telah menyelenggarakan program pengembangan kapasitas desainer muda, Indonesia Fashion Forward (IFW).

Pada tahun lalu, perancang muda Dian Pelangi mewakili kategori busana muslim. Dengan perkembangan industri busana muslim, kata Diaz Parzada, Creative Director Jakarta Fashion Week,  IFW 2013 melibatkan dua label busana muslim Nur Zahra dan Jenahara.

“Indonesia Fashion Forward memilih ketiganya, mereka mempunyai karateristik yang kuat, karena tujuannya bagaimana memilih label muslim ke pasar internasional. Meskipun busana muslim, busana mereka dipakai oleh orang yang tidak berhijab. Koleksi mereka bisa mix and match,” kata Diaz, Selasa sore (24/7/2013).

Menurut para ahli dari Centre for Fashion Enterprise asal London yang membimbing mereka  dalam program IFW, karya-karya Dian Pelangi dengan kombinasi warna-warna cerah sangat tepat dengan selera konsumen di Eropa dan Timur Tengah.

Sementara itu, karya-karya Jenahara pas dengan pasar Eropa Barat dan Amerika dengan gaya desain minimalis dan cenderung berpalet warna-warna monokromatik. Kemudian kreasi Nur Zahra dengan material bahan organik yang natural dalam rona warna alami yang cocok dengan konsumen di Eropa dan Jepang.

Koleksi mereka saling melengkapi satu sama lain di Buyers Room yang ditata seperti depstore mulai 17-19 Oktober 2013 di Senayan City. Pelaksanan kegiatan tersebut juga bersinergi dengan Indonesia Trade Expo yang diselnggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Dian Pelangi, 22, telah mempersiapkan konsep dan motif busana muslim 2014.  Mulai tahun depan, kata Dian, dia akan meluncurkan motif batik hasil ciptaannya sendiri. Sementara Jenahara akan menampilkan Jenahara Black Label dengan material yang lebih premium dari sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro