Kuliner

Japan Culinary Week 2013: Pesumo Butuh Energi 3 Kali Lipat, Apa Saja Santapannya?

Gloria Natalia Dolorosa
Sabtu, 24 Agustus 2013 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pesumo butuh energi dari makanan tiga kali lipat lebih besar dari orang biasa.

Asosiasi Pesumo pada April 2013 mencatat rata-rata tinggi badan pesumo 185,2 centimeter dan berat badan 161,5 kg. Kadar lemak tubuhnya 20-30%, tetap ada juga yang belasan persen.

Makanan utama pesumo yakni chanko nabe dan nasi. Asupan energi sekitar 7.000 Kcal atau tiga kali orang biasa. Hanya saja, 1 hari mereka makan dua kali, pagi dan sore.

Sebenarnya tubuh pesumo tidak cuma lemak. Rata-rata kadar lemak tubuh pesumo 25%, bahkan ada yang kadar lemak tubuhnya 10%. Dibandingkan penampakan luar, tubuh pesumo penuh otot.

Ketika orang berberat badan lebih dari 100 kg saling beradu, besaran tubrukan terhadap tubuh mereka sangat besar. Misal, ketika pesumo berberat badan 150 kg beradu, besaran tubrukannya sama dengan besaran tubrukan truk sampah seberat 2 ton.

Untuk melindungi tubuh dari tubrukan, lemak tubuh inilah yang berperan. Karena itu, bagi pesumo, lemak tubuh merupakan elemen penting.

Contoh makanan pesumo yang umum adalah chanko nabe, makanan yang punya zat gizi seimbang. Selain perbandingan sayur dan daging 1:1, di dalamnya mengandung banyak sayur yang bekerja sebagai antioksidan.

Kebanyakan daging yang dipakai di chanko nabe adalah daging ayam. Sejak zaman dulu, daging sapi dan babi tidak digunakan dalam chanko nabe karena hewan itu merangkak, yang artinya kalah dengan tangan menyentuh tanah.

Sedangkan, yang kerap dimakan adalah daging ayam. Sebab, ayam berjalan dengan dua kaki seperti manusia. Namun,  karena pertimbangan keseimbangan zat gizi, saat ini daging sapi dan babi digunakan banyak pesumo. (Foto:forum.indogamer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro