Health

Hati-Hati! Jangan Berikan Obat Antikolesterol, Statin pada Anak Anda

Bambang Supriyanto
Rabu, 11 September 2013 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Obat anti kolesterol atau yang dikenal dengan istilah statin, adalah jenis obat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak meskipun anak tersebut menderita obesitas dengan kadar kolesterol jenis LDL (low density lipoprotein) tinggi.

"Statin sebaiknya tidak diberikan untuk anak, mengingat anak masih dalam tahap tumbuh dan berkembang. Anak yang menderita obesitas dengan kadar LDL tinggi, sebaiknya menjalani perawatan tanpa menggunakan obat berbahan dasar kimia," kata Kepala divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, dr Em Yunir, SpPD, K-EMD, pada acara diskusi mengenai pengendalian kolesterol, Rabu (11/9).

Yunir juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum diketahui apa dampak pemberian statin kepada anak.

Selain itu pasien dengan kadar kolesterol LDL tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi statin dalam jangka waktu panjang atau seumur hidup untuk menurunkan kadar LDL.

Yunir mengemukakan bahwa syarat utama pengobatan untuk anak dengan kadar LDL tinggi adalah dengan meningkatkan olagraga dan pola makan sehat seimbang.

Kolesterol jenis LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat, karena LDL dianggap sebagai faktor utama penyebab serangan jantung.

LDL yang tinggi dapat menyusup dan menumpuk di dalam pembuluh darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah ke jantung atau pun yang menuju ke otak. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro