Entertainment

Bioskop Tertua Dunia Dibuka Lagi

John Andhi Oktaveri
Rabu, 9 Oktober 2013 - 12:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bioskop tertua di dunia tempat film pertama produksi Lumiere bersaudara diputar pada 1899 akan dibuka kembali setelah mengalami renovasi besar-besaran.

Bioskop Eden, yang ditutup pada 1995 merupakan saksi sejarah perjalanan bisnis tontotan gambar bergerak khususnya di Prancis. Menurut situs berita thelocal.fr (lihat foto), di bioskop itulah orang Prancis untuk pertama kali kagum melihat gambar yang bisa digerakkan.

Dengan kapasitas 250 orang, bioskop itu telah melahirkan sejumlah bintang film tenar di zamannya, setelah beroperasi pada 21 Maret 1899. Selama beberapa dekade Eden menjadi bioskop dan tempat pementasan teater. Beberapa bintang film Prancis seperti Yves Montand dan Fernandel pernah bermain di Eden di awal karier mereka.

Namun saat memasuki era 1980-an, Eden mulai terpuruk setelah pemiliknya meninggal dunia  dan turunnya penggemar film. Setelah itu bangunan bioskop tersebut hanya dibuka sepekan dalam setahun untuk menggelar festival film-film berbahasa Prancis sampai akhirnya ditutup pada 1995.

Aktris Juliette Binoche, Nathalie Baye, dan sutradara Roman Polanski akan menghadiri peresmian bioskop itu di La Ciotat, sebuah kota kecil dekat Marseille itu. Eden akan beroperasi sebagai bioskop normal yang dikelola oleh swasta. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : www.thelocal.fr
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro