pertolongan pada penyakit epilepsi/penyakitepilepsi.com
Fashion

Inilah Daftar Penyakit Penyerta Dari Epilepsi

Deliana Pradhita Sari
Senin, 7 April 2014 - 18:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Komorbiditas merupakan penyakit penyerta yang diderita oleh penderita epilepsi. Mereka akan mengalami masalah kesehatan psikis maupun psikologis terkait dampak epilepsi.

Komorbiditas dapat berupa perkambangan fisik terlambat, gangguan kognitif, problem belajar, gangguan permasalahan perhatian dan hiperaktif, depresi dan kecemasan hingga autisme.

“Anak dengan autisme berisiko epilepsi tinggi. Sedangkan anak yang menderita autisme berisiko tinggi terkena epilepsi,” tambahnya.

Dokter Spesialis Kejiwaan Anak dr. Tjhin Wiguna mengungkapkan keadaan psikososial anak dengan epilepsi kerap berlaku tidak stabil, emosi berfluktuasi dan mood nya naik turun. Hal ini akan terus berlanjut hingga dewasa jika penderita tidak teratur kontrol berobat, tidak ada yang mendampingi ketika kejang terjadi dan latar belakang sosial ekonomi keluarga yang rendah.

“Anak penderita epilepsi biasanya akan menjadi pusat perhatian di sekolah. Mereka akan bersikap hiperaktif dan cenderung menyakiti atau menyerang temannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro