Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Daftar Penyakit Penyerta Dari Epilepsi

Komorbiditas merupakan penyakit penyerta yang diderita oleh penderita epilepsi. Mereka akan mengalami masalah kesehatan psikis maupun psikologis terkait dampak epilepsi.
Deliana Pradhita Sari
Deliana Pradhita Sari - Bisnis.com 07 April 2014  |  18:47 WIB
pertolongan pada penyakit epilepsi - penyakitepilepsi.com
pertolongan pada penyakit epilepsi - penyakitepilepsi.com

Bisnis.com, JAKARTA--Komorbiditas merupakan penyakit penyerta yang diderita oleh penderita epilepsi. Mereka akan mengalami masalah kesehatan psikis maupun psikologis terkait dampak epilepsi.

Komorbiditas dapat berupa perkambangan fisik terlambat, gangguan kognitif, problem belajar, gangguan permasalahan perhatian dan hiperaktif, depresi dan kecemasan hingga autisme.

“Anak dengan autisme berisiko epilepsi tinggi. Sedangkan anak yang menderita autisme berisiko tinggi terkena epilepsi,” tambahnya.

Dokter Spesialis Kejiwaan Anak dr. Tjhin Wiguna mengungkapkan keadaan psikososial anak dengan epilepsi kerap berlaku tidak stabil, emosi berfluktuasi dan mood nya naik turun. Hal ini akan terus berlanjut hingga dewasa jika penderita tidak teratur kontrol berobat, tidak ada yang mendampingi ketika kejang terjadi dan latar belakang sosial ekonomi keluarga yang rendah.

“Anak penderita epilepsi biasanya akan menjadi pusat perhatian di sekolah. Mereka akan bersikap hiperaktif dan cenderung menyakiti atau menyerang temannya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan epilepsi
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top