Penderita AMD basah sukar untuk mengurus keuangan, menggunakan telepon genggam, melakukan pekerjaan rumah, belanja dan menyiapkan makanan. /bisnis.com
Fashion

Degenesrasi Makula, Penderita Punya Potensi Bunuh Diri

Deliana Pradhita Sari
Kamis, 10 April 2014 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Degenerasi Makula tipe basah juga menyebabkan titik buta (blind spot) dan hilangnya penglihatan di bagian tengah. Parahnya, pembuluh darah yang tidak normal ini akan menyebabkan jaringan parut dan terjadi kebutaan total.

Faktor risiko AMD basah adalah seseorang dengan usia di atas 60 tahun, riwayat keluarga positif AMD, merokok dan mengonsumsi makanan yang kurang mengandung antioksidan, vitamin C dan Zinc.

Sedangkan faktor lain yang memungkingkan seseorang menderita AMD basah, antara lain wanita, warna iris yang terang dan seseorang dengan penyakit kardiovaskuler.

“Jika dibiarkan, penderita AMD basah ini akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari bahkan akan ada kenginian bunuh diri,” ujar dokter Elvioza.

Penderita AMD basah sukar untuk mengurus keuangan, menggunakan telepon genggam, melakukan pekerjaan rumah, belanja dan menyiapkan makanan. Risiko depresi dan tingkat kecemasan pederita AMD basah akan meningkat dua kali lipat bahkan sebagai salah satu pemicu keinginan bunuh diri.

“Pasien dengan AMD basah juga mengalami penurunan dalam melakukan hobi mereka sebanyak 59%,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro