Show

Selamat Ulang Tahun Shakespeare, Karyamu Akan Selalu Dikenang

Deliana Pradhita Sari
Rabu, 23 April 2014 - 08:03
Bagikan

Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, LONDON--“Beberapa orang terlahir hebat. Beberapa orang mencapai kesuksesan dan menorahkan prestasi. Dan beberapa prestasi masih diagungkan ketika sang penoreh sudah tiada. Deskripsi tersebut mewakili yang ada dalam diri seorang William Shakespeare (1564-1616).

Hari ini, Rabu 23 April 2014, merupakan peringatan lahirnya Shakespeare ke-450 di kota kecil di Inggris bernama Stratford. William Shakespeare terlahir dari pasangan John Shakespeare dan Mary Arden pada 1564.

Kecintaanya pada dunia literasi membawanya masuk ke sekolah Grammar atau tata bahasa pada  1569 dan mulai menulis karya pertamanya yang kemudian mendunia berjudul Henry IV bagian 1 pada 1589.

Sejak karangan tersebut melejit hingga dipentaskan secara rutin di depan sang Ratu Elizabeth 1, Shakespeare kembali menelurkan berbagai tulisan dan skenario peran yang tertuang dalam Richard II, A Midsummer Night’s Dream, Romeo and Juliet, Henry V, Hamlet, Othello, King Lear, Macbeth dan beberapa puisi serta soneta lainnya.

Tak ayal, Shakespeare berkontribusi penuh terhadap peradaban kosa kata yang berkembang di Inggris pada masa itu sekaligus di masa sekarang. Klausa wild-goose chase yang populer diserap dari drama Bard karyanya. Jika Shakespeare tidak berkarya kala itu, Inggris tidak punya kosa kata seperti swagger, criticatau gossip. Bahkan kata advertising juga merupakan temuannya.

Sebelum kata Bestie yang berarti sahabat masuk ke dalam jajaran kosa kata resmi dalam Oxford English Dictionary bulan lalu, Shakespeare telah mendonasikan sebanyak 1700 kata ke kitab suci kosa kata Inggris yang diakui di seluruh dunia tersebut.

Seperti dikutip dari situs metro.co.uk, hampir 40 sandiwara dan 154 soneta hasil tulisan Shakespeare telah dipertunjukkan di seluruh belahan dunia. Tak ada yang menandingi Shakespeare dalam melihat sisi humanis manusia dengan sangat mendalam dan menuangkannya pada tulisan. Tanpa mengkritisi karakter, tulisannya dengan sempurna mampu mendeskripsikan rasa cinta, keberanian, kematian, kesenangan, kecemburuan, keceriaan dan kesengsaraan yang dapat  dikonsumsi jiwa muda atau para tetua.

Penorehan prestasi semacam ini selalu dirayakan oleh penghuni dunia untuk selalu mengingat jasa-jasa Shakespeare. Mereka tak pernah luput merayakan hari lahir sang Legenda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro