Fashion

Mau Tahu Manfaat dan Risiko Secangkir Kopi? Mungkin Ini Bisa Membantu

Agnes Savithri
Sabtu, 10 Mei 2014 - 19:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Segelas kopi di pagi hari bukan menjadi kebiasaan lagi, tetapi saat ini sudah menjadi tren atau gaya hidup.

Berbagai kedai kopi menawarkan berbagai jenis kopi dan variasinya. Namun, tahukah Anda manfaat dan efek samping yang terkandung di balik secangkir kopi?

Di dalam kopi mengandung zat bernama kafein, yang juga terdapat dalam daun teh. Seberapa besar kandungan kafein yang ada dalam secangkir kopi tergantung dengan penyajiannya. Dosis mempengaruhi efek samping yang akan dialami oleh peminum kopi ataupun minuman berkafein lainnya.

Dosis yang rendah akan membuat anda merasa waspada dan enerjik, sedangkan jika Anda meminum dengan dosis yang lebih tinggi, Anda akan merasa lebih gelisah, mudah tersinggung, dan sulit tidur.

Semakin banyak kafein yang Anda minum, maka akan melemahkan kelenjar adrenal, menguras nutrisi dan mengganggu hormon. Kafein pun membuat penikmatnya ketagihan. Namun, banyak penelitian kesehatan menyebutkan bahwa jika meminum kopi atau teh dalam jumlah yang normal, tidak akan mengganggu kesehatan seseorang.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan jika meminum satu atau dua cangkir kopi sehari dapat membantu meningkatkan fungsi memori di usia tua, bahkan dapat membantu mencegah diabetes.

Bagi Anda peminum kopi lebih dari tiga gelas sehari, Anda harus lebih berhati-hati dan mengurangi kopi perlahan. Terlalu banyak zat kafein yang masuk ke dalam tubuh akan membuat orang insomnia, gugup, gelisah, gangguan pencernaan, dan menyebabkan jantung berdebar.

Dosis segelas kopi harian yang benar sesungguhnya kembali lagi kepada genetik setiap orang, karena respon terhadap kafein setiap orang berbeda-beda. Ada yang meminum satu cangkir kopi di pagi hari dan tidak bisa tidur selama berhari-hari. Ada juga yang meminum double espresso dan bisa langsung terlelap di tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro