FILM TERBARU: Erau Kota Raja Tayang November

Film "Erau Kota Raja" yang dibesut sutradara Bambang Drias akan tayang serentak di Studio XXI se-Indonesia November mendatang. Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengatakan film ini upaya memperkenalkan kerajaan tertua Kutai di Indonesia
Muhamad Yamin | 02 September 2014 12:59 WIB
Ilustrasi -

Bisnis.com, SAMARINDA - Film "Erau Kota Raja" yang dibesut sutradara Bambang Drias akan tayang serentak di Studio XXI se-Indonesia November 2014. Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengatakan film ini upaya memperkenalkan kerajaan tertua Kutai di Indonesia.

“Selama ini Kutai Kartanegara hanya terkenal dengan kekayaan alamnya minyak, gas dan batu bara. Dengan film ini, kami ingin juga Kutai Kartanegara dikenal keindahan alamnya dan kaya budaya seperti festival Erau digelar setiap tahun yang terus dilestarikan,” ujar Rita, Selasa (2/9/2014).

Film Erau Kota Raja bercerita tentang seorang jurnalis bernama Kirana (Nadine Chandrawinata) yang ditugasi meliput festival Erau di Kabupaten Kukar. Selama bertugas di Tenggarong, Kirana bertemu Reza (Denny Sumargo), penduduk lokal. Keduanya jatuh cinta namun terhalang karena adanya perbedaan budaya.

Aktor film senior Ray Sahetapy dan Jajang C Noer turut mewarnai film romansa ini yang juga memperlihatkan keindahan Kota Tenggarong dan semaraknya festival Erau. Film ini bertambah menarik karena dibintangi Donnie “ADA Band”, dan Herri Chan, dan juga menampilkan Bupati Kukar Rita Widyasari sebagai eksekutif produser dalam film ini.

“Saya menilai film “Erau Kota Raja” dengan latar belakang festival Erau membuat potensi wisata Kutai Kartanegara semakin dikenal. Jadi kabupaten tidak hanya mengandalkan hasil bumi, tapi juga pariwisata sebagai potensi,” ujar Rita.

Festival Erau yang digelar pada 15-22 Juni 2014 mampu mendatangkan wisatawan lebih dari 5.000 orang. Sebanyak 11 Negara CIOFF (International Council Of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts) turut tampil pada festival Erau di Tenggarong. Erau yang dalam bahasa Kutai artinya ramai, pada gelaran tahun ini dimeriahkan berbagai hiburan kesenian tradisional Kutai, permainan tradisional, kuliner, berbagai lomba olahraga tradisional.

 

Tag : film
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top