KPAI mendorong pengelola rumah produksi dan lembaga penyiaran untuk menyajikan tontonan yang kreatif dan edukatif/Bisnis.com
Entertainment

KPAI Dorong Production House dan Lembaga Penyiaran Sajikan Tontonan Kreatif dan Edukatif

News Editor
Jumat, 26 September 2014 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pengelola rumah produksi dan lembaga penyiaran untuk menyajikan tontonan yang kreatif dan edukatif.

Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan lembaga penyiaran merupakan salah satu pilar pemangku kewajiban penyelenggara perlindungan anak. Karena itu, dalam menjalankan fungsi menghibur, media dituntut memberikan hiburan yang mendidik.

"Hasil pemantauan kami, banyak tayangan terutama kartun yang tidak ramah anak," ujarnya, Jumat (26/9/2014)

Karena itu, lembaga penyiaran harus memastikan anak terlindungi dari tayangan, pemberitaan dan kartun yang tidak senafas dengan semangat perlindungan anak. Menurutnya, tayangan yang diproduksi termasuk kartun harus bermuatan pendidikan karakter agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai fase tumbuh kembangnya.

"Kami juga mendorong pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan untuk memastikan anak terlindungi dari tayangan bermasalah," katanya.

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Idy Muzayyad juga menyerukan rumah produksi agar berhenti memproduksi siaran yang merusak moral generasi muda. "Tidak hanya tayangan anak, termasuk juga sinetron yang mengandung unsur negatif," tuturnya.

Ia mengatakan rumah-rumah produksi di Indonesia memiliki kemampuan untuk menciptakan animasi yang kreatif dan mengandung nilai-nilai kearifan lokal. Hal itu, menurutnya, ditunjang dengan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia dan materi yang kaya di Nusantara. Dia menyebutkan ada tiga kartun produksi Indonesia yang patut diapresiasi karena memuat unsur edukasi dan menginspirasi yakni Adit Sopo Jarwo, Laptop Si Unyil, dan Unyil Keliling Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro