Kawasan wisata bawah laut Raja Ampat, Papua Barat./JIBI
Travel

Inilah 5 Tips Wisata Murah ke Surga Bawah Laut Raja Ampat

Sukirno
Sabtu, 25 Oktober 2014 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Berwisata ke surga bawah laut di Raja Ampat Papua Barat memang cukup mahal. Tetapi, ada caranya untuk traveling murah ke Raja Ampat. Simak tips berikut.

Nama Raja Ampat memang telah mendunia. Bahkan, tempat ini dijadikan sebagai surganya pecinta snorkeling dan diving. Bagi wisatawan lokal, mereka mungkin harus menahan diri bila ingin menikmati keindahan Raja Ampat.

Menurut laman www.pegipegi.com, disebutkan alasannya sederhana, biaya yang tergolong mahal menjadikan wisatawan lokal harus berpikir ulang. Masalah yang harus dihadapi tentu saja tingginya biaya transportasi.

"Namun kamu bisa mengakalinya kok travelers. Simak ya tips dari Pegipegi di bawah ini," tulisnya seperti dikutip Bisnis, Minggu (25/10/2014).

Berikut tips lengkap wisata murah ke Raja Ampat:

1. Persiapan matang
Sebelum berangkat, travelers musti mempunyai perencanaan matang. Pertama, tentu tentang transportasi dan penginapan. Untuk transportasi akan dibahas lebih rinci berikutnya. Sedangkan untuk penginapan, travelers dapat browsing di internet untuk mencari penginapan murah jauh-jauh hari, terutama di Waisai.

Apabila budget terbatas, jangan bermimpi bisa tidur di cottage ya. Penginapan standar biasa dihargai sekitar Rp200.000 per malam. Kalau Anda ingin lebih hemat, travelers bisa tidur di rumah-rumah penduduk yang memang disewakan. Namun harus diperhatikan kebersihannya agar tidak kecewa saat tiba. Apalagi kalau Anda berniat tinggal lama disana.

2. Alat transportasi
Menuju Sorong. Apabila Anda memulai perjalanan dari Jakarta, Anda bisa mencari tiket maskapai yang lagi promo ke Sorong yang biasanya berkisar Rp1 juta-an. Kalau lagi beruntung, Anda bisa mendapat promo buy 1 get 1 free, alias beli satu tiket dapat gratis satu tiket lagi.

Pilihan lain, Anda bisa naik kapal PELNI dari Tanjung Priok – Sorong, tiketnya hanya sekitar Rp700.000 – Rp800.000. Perjalanan yang harus ditempuh lumayan lama, yaitu 5 hari 4 malam. Agak pegal ya, travelers? Tapi kalau Anda ingin menikmati perjalanan, Anda bisa memilih naik kapal. So, keputusan ada di tangan Anda.

Dari Sorong menuju Raja Ampat. Travelers, setelah Anda sampai di Sorong sebagai gerbang pertama masuk ke Raja Ampat, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke pelabuhan. Travelers bisa naik taksi dengan tarif sekitar Rp50.000 – Rp70.000. Selanjutnya, kamu bisa naik kapal menuju ke Waisai.

Alternatif transportasinya ada 2 kapal, yaitu kapal cepat yang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, dan kapal biasa dengan tarif lebih murah yang bisa ditempuh dalam waktu 5 – 6 jam, tergantung dari ombak.

3. Tiba di Waisai
Setelah tiba di Waisai, travelers harus pergi dulu ke kantor Departemen Budaya dan Pariwisata untuk membayar biaya konservasi. Untuk wisatawan lokal Rp250.000 dan Rp500.000 untuk turis mancanegara. Setelah itu, Anda bisa langsung menuju ke penginapan yang sudah dipesan.

4. Eksplorasi Raja Ampat
Untuk menjelajahi Raja Ampat, travelers harus bangun pukul 04.00 pagi waktu setempat. Pergilah ke Pasar Waisai untuk mencari perahu yang disewakan dari nelayan. Harga sewanya sekitar Rp3 juta–Rp5 juta sudah termasuk pengemudi, namun belum termasuk BBM.

Anda bisa menuju ke Pulau Wayag yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Hamparan gunung-gunung kecil dan laut biru dapat Anda nikmati disana. Bisa juga snorkeling di Five Rocks dan Teluk Kabui. Paket diving di Raja Ampat biasanya lebih mahal.

Kalau Anda bawa uang pas-pasan dan masih ingin bermain-main dengan air, Anda bisa snorkeling dan berenang. Sewa kapal untuk ke Pulau Mansuar biasanya Rp2 juta dengan penumpang 10 orang. Kalau mau snorkeling di Waiwo, rata-rata sewa peralatan snorkeling adalah Rp50.000, sedangkan biaya paket diving berkisar antara Rp550.000.

5. Harus Mandiri
Cara paling murah untuk bisa sampai ke Raja Ampat ya dengan rombongan. Kalau jalan sendiri, biayanya bisa membengkak. Bayangkan saja kalau tarif sewa speed boat sekitar Rp2 juta–Rp5 juta. Kalau bareng temen, Anda bisa patungan sehingga jatuhnya lebih ekonomis.

Selain itu, biar Anda tidak kelaparan dan terserang kantong kempes, Anda wajib membawa bekal makanan sebanyak-banyaknya. Anda bisa belanja terlebih dulu di Sorong karena kalau sudah tiba di Waisai harganya bisa berkali-kali lipat.

Catatan, semua tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu bergantung kondisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro