Patung Garuda Wisnu Kencana/Wikipedia
Show

Raft Foundation Garuda Wisnu Kencana Masuk Tahap Pengecoran

Deliana Pradhita Sari
Selasa, 11 November 2014 - 13:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pengelola Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana PT Garuda Adhimatra Indonesia memulai Pengecoran Raft Foundation tahap 1 di proyek wisata Garuda Wisnu Kencana.

Proses pengecoran tahap 1 diperkirakan berlangsung selama 4 minggu ke depan. Adapun total area yang akan dicor pada tahap 1 seluas 46 m x 46 m dengan ketebalan pondasi 2,2 m.

Untuk mendukung proses pengecoran pada proyek bernilai investasi Rp350 miliar tersebut, dibutuhkan 600 ton besi dan 4.452 m3 beton.


Kedua komponen itu akan disalurkan melalui 3 concrete pump yang disuplai melalui 24 mobil dari 2 batching plant yang telah disiapkan di area Nusa Dua dan Sanur.

Tak hanya itu, guna mencegah terjadinya keretakan pada struktur, perusahaan mendatangkan 18.000 es balok dari Banyuwangi untuk proses pendinginan setelah pengecoran berlangsung.

"Pembangunan pedestal patung GWK yang melibatkan sebanyak 200 tenaga kerja ini merupakan salah satu megaproyek dari anak usaha PT Alam Sutera Realty Tbk [ASRI] di Bali,"  kata Direktur PT Garuda Adhimatra Indonesia Seno Andikawanto dalam keterangan pers, Senin (11/11/2014).

Dia menambahkan target pembangunan patung kurang lebih memakan waktu 3 tahun. Dia berharap patung Garuda Wisnu Kencana akan menjadi maha karya tidak hanya milik Bali tetapi kebanggaan bangsa di mata dunia.

Seperti diketahui, Garuda Wisnu Kencana atau GWK, merupakan Kawasan Wisata Budaya berskala Internasional di Ungasan, Bali yang menampilkan keanekaragaman kebudayaan Nusantara, khususnya Bali.

Monumen Garuda Wisnu Kencana, yang berwujud Dewa Wisnu yang duduk di atas Burung Garuda, merupakan fokus utama kawasan GWK dan diharapkan dapat menjadi Ikon dunia dan landmark baru di Bali.

Patung GWK memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter dengan lebar 64 meter. Icon tersebut direncanakan akan menjadi salah satu patung tertinggi di dunia.

Selain menampilkan berbagai budaya bagi para wisatawan (Amphi Theatre, Plaza Kura Kura, Plaza Wisnu) Kawasan GWK juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya seperti, tempat wisata kuliner (Jendela Bali dan Beranda), ruang ritel (Street Theatre, Photo Studio, Souvenir Shop), serta kawasan komersial.

Kawasan GWK juga menjadi tempat penyelengaraan beberapa event International maupun National, seperti di Lotus Pond dan Indera Loka.

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro