Ilustrasi
Relationship

4 Tips Agar Bujet Pernikahan Tidak Membengkak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 8 Desember 2014 - 20:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Persiapan pernikahan biasanya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Apalagi jika rencana pernikahan akan digelar besar-besaran.

Bahkan, biasanay meskipun Anda telah mencatat ulang seluruh kebutuhan anggaran, di menit-menit hari H akan selalu ada kebutuhan anggaran mendadak yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Lantas, bagaimana caranya agar biaya pernikahan tidak membengkak dan membuat kantong Anda bolong? Perencana pernikahan Claudia Hoste menyarankan agar Anda mengikuti beberapa tips berikut ini agar aman dari tekor.

Jangan belanja tanpa menyusun rencana anggaran

Jangan membeli apa-apa untuk pernikahan sampai Anda membuat pedoman anggaran Anda. Karena Anda akan sangat mudah untuk terjebak dalam kegembiraan mulai membeli barang-barang, sehingga uang Anda bisa habis dalam sekejap padahal kebutuhan masih bertumpuk.

Pasalnya, Anda bisa membeli barang-barang yang sebenarnya bukan prioritas dan mengabaikan kebutuhan yang terpenting.

Catat semua daftar tamu

Anda ingin mengundang semua orang untuk merayakan momen kehidupan, tetapi tidak berhati-hati dengan daftar tamu adalah cara termudah untuk membuat anggaran Anda membengkak. Selain biaya makanan dan minuman untuk setiap tamu tambahan, Anda juga harus memperhitungkan faktor dalam biaya sewa, transportasi.

Periksa daftar harga dengan detail

Karena kesibukan Anda, umumnya Anda ingin segala sesuatunya berjalan dengan cepat sehingga kurang teliti memeriksa semua harga yang ditawarkan.

 Padahal, jika Anda mau teliti dan rajin memeriksa, banyak wedding organizer atau katering dan jasa penyedia pernikahan lainnya memberikan promosi yang bisa memangkas biaya Anda.

Mempersiapkan sejak jauh hari

Semakin dekat waktu pelaksanaan pernikahan, maka segala sesuatunya akan semakin mahal. Jika Anda pintar mengatur waktu dan memesan dari jauh hari, pastinya Anda akan mendapatkan harga yang murah. (timesofindia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro