Hubungan beracun/ilustrasi
Relationship

6 Tanda Hubungan Anda "Beracun"

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Desember 2014 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi Anda yang baru saja jatuh cinta merasakan mabuk kepayang pada pasangan Anda mungkin hal yang sangat wajar dialami siapapun.

Namun perasaan itu biasanya berkurang seiring waktu, dan Anda mulai menyesuaikan diri dengan pasangan dan membuat hubungan yang lebih balance dan normal seperti pasangan lainnya.

Akan tetapi, ada juga pasangan yang justru mengaku masih mengalami hal tersebut meski hubungan mereka sudah lama dijalin. Mungkinkah itu? Mungkin saja, namun harus diwaspadai adalah hubungan semacam ini lambat laun justru bisa menjadi bumerang dan menjadi racun bagi hubungan Anda, bagkan bagi kehidupan Anda sendiri.

Berikut beberapa tanda hubungan Anda sudah beracun seperti dilansir Timesofindia.com:

1.Hubungan itu telah menenggelamkan Anda

Psikolog kesehatan, Dr Kanan Khatau Chikhal mengatakan 70 persen dari saluran energi kita terdiri dari perasaan emosional. "Salah satu tanda awal hubungan yang beracun adalah bagaimana perasaan setelah bertemu dengan pasangan. Apakah Anda merasa bersemangat tinggi dan termotivasi atau malah merasa ciut?" ujarnya.

Jika Anda merasa hubungan itu menenggelamkan Anda, maka Anda tidak bisa terus menerus merasa seperti ini. "Anda perlu untuk menjauhi hubungan yang membuat stres dan mencari yang lebih baik bagi Anda," ujarnya.

2. Merasa khawatir berbicara dengannya

Apakah Anda selalu berpikir dua kali sebelum mengucapkan setiap kalimat pada pasangan? Khawatir dia marah, tersinggung atau bahkan membenci Anda?

Terus-menerus ketakutan melakukan atau mengatakan sesuatu yang mungkin dapat memperburuk keadaan atau membuatnya marah adalah sinyal jelas bahwa hubungan Anda telah menjadi racun.

3. Menyukai hobinya hanya  untuk membuatnya terkesan

Apakah Anda merasa tertekan dan melakukan lebih banyak hal untuk dia sehingga Anda tak lagi merasa nyaman saat bersama si dia? Misalnya, Anda merasa perlu untuk merokok hanya untuk mengesankan dia? Jika itu terjadi, maka Anda perlu meninjau ulang hubungan Anda.

4. Penuh rasa cemburu

Rasa posesif berlebihan juga bisa menjadi racun. Awalnya, Anda merasa bahagia bahwa si dia ingin tahu setiap detail tentang hari Anda, tetapi dari waktu ke waktu, Anda menyadari bahwa itu bukan karena dia mencintai Anda, tetapi karena dia merasa tidak aman.

"Ini tidak sehat dan dapat berkembang menjadi masalah yang lebih besar seperti paranoia atau gangguan delusional, yang, jika tidak diakui atau diobati, bisa menjadi hal yang dapat 'mencekik' Anda,"ujar psikiater Dr Anjali Chhabria.

5. Sering mengungkit kesalahan masa lalu

Ketika pasangan mulai sering mengatakan "Ini yang selalu kamu lakukan. Bulan lalu juga...' atau "Kamu juga melakukan hal seperti ini dengan mantanmu", ini berarti lampu kuning bagi kesehatan hubungan.

"Ketika pasangan Anda mula merasa cemburu dan tidak aman, dia mungkin melakukannya dengan tidak sadar. Apapun yang terjadi, dia akan segera mengingat kembali hal terakhir yang menjadi kesalahan Anda dan terus menyebutkannya. Dia tidak fokus pada bagaimana mencoba untuk memecahkan masalah,".

6. Semua tersita untuk pasangan Anda

Ketika Anda mulai berhenti memperhatikan teman-teman dekat dan keluarga karena si dia mengambil semua waktu Anda, Anda harus mulai memikirkannya lagi. DR Chhabria mencontohkan ada seorang gadis lupa hari ulang tahun sahabatnya karena pacarnya mengambil semua waktunya.

7. Terlalu tergantung

Dalam setiap hubungan, salah satu pasangan mungkin menganggap bahwa yang lain sangat bisa diandalkan, karena pasangannya mungkin memenuhi persyaratan psikologis tertentu. Ketika dia merasa pasangannya tidak memenuhi hal tersebut, seseorang mulai merasakan rasa tidak aman dan marah-marah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro