Penjelasan lengkap 5 love languange serta ciri-ciri dan contohya, Anda tipe yang mana?/freepik
Relationship

5 Jenis Love Languange dan Contohnya, Kamu Tipe Apa?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Juli 2024 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Love language merupakan cara seseorang untuk mengekspresikan dan menerima cinta. Love language terbagi menjadi lima jenis yaitu words of affirmation, quality time, acts of service, receiving gifts dan physical touch. Apa perbedaan lima jenis love language tersebut? Berikut penjelasan jenis-jenis love language beserta contoh tindakannya.

Memahami jenis love language ini dapat membantu meningkatkan hubungan personal dengan pasangan, keluarga, dan teman. Masing-masing jenis love language memiliki cara unik dalam mengekspresikan cinta dan perhatian, serta dapat memperkuat hubungan antarindividu.

Saling mengetahui love language antara Anda dan pasangan menjadi salah satu cara untuk merasakan arti dicintai dan dihargai.

Penulis Gary Chapman menjelaskan bagaimana menggunakan love language ini untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda peduli padanya dengan cara yang menyentuh hatinya.

Buku Chapman "The 5 Love Languages" pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Sebelum menulis buku tersebut, Chapman mulai memperhatikan pola pasangan yang dia konseling. Dia menyadari bahwa pasangan tersebut salah memahami kebutuhan satu sama lain.

Jenis Love Language menurut Chapman

1. Words of Affirmation

“Kata-kata penegasan” adalah tentang mengungkapkan kasih sayang melalui kata-kata yang diucapkan, pujian, atau penghargaan.

Jika ini adalah love language utama seseorang, mereka menyukai kata-kata dan dorongan yang baik, kutipan yang membangkitkan semangat, catatan cinta, dan pesan teks yang lucu.

Anda dapat membuat menyenangkan hari orang yang memiliki love language words of affirmation dengan memujinya atau menunjukkan kebaikannya.

Contoh love language words of affirmation:

  • "Terima kasih untuk cinta dan kasih yang kamu berikan selama ini."
  • "Kamu terlihat sangat cantik, sayang!"
  • "Rasanya lebih tenang karena ada kamu." 
  • "Warna bajunya bagus, cocok di kamu." 
  • "Terima kasih ya sudah selalu mendukungku." 
  • "Setelah sekian lama, kamu masih membuatku deg-deg an." 
  • "Saya sungguh terkesan ketika kamu membaca puisi." 
  • "Aku akan selalu mendukungmu dalam setiap langkah."
  • "Dimanapun kamu berjuang, ingatlah bahwa ada aku di belakangmu."
  • "Kamu selalu bisa membuatku tersenyum di saat-saat tersulit."

2. Quality Time

Seseorang dengan love language quality time sangat menghargai kehadiran Anda sepenuhnya saat bersama. Mereka akan merasa paling dicintai jika Anda memberi mereka perhatian penuh dan menghabiskan waktu bersama dengan cara yang bermakna dan interaktif.

Contoh quality time dalam love language:

  • Tidak bermain gadget saat sedang bersama, fokus pada pasangan tanpa gangguan dari perangkat elektronik.
  • Liburan bersama, menghabiskan waktu berkualitas dengan berlibur bersama, menciptakan kenangan indah.
  • Deep talk, percakapan mendalam tentang kehidupan, harapan, dan impian bersama.
  • Menonton film berdua, menikmati waktu dengan menonton film favorit bersama tanpa gangguan.

3. Physical Touch

Seseorang dengan sentuhan fisik sebagai love language utamanya merasakan cinta melalui kasih sayang fisik. Selain seks, mereka merasa dicintai ketika pasangannya memegang tangan, menyentuh lengannya, atau memijatnya di penghujung hari, misalnya.

Orang dengan love languange ini senang melakukan kegiatan bersentuhan fisik, seperti berpelukan di sofa sambil menonton film, menari perlahan dengan banyak kontak fisik, atau berjalan-jalan bersama sambil berpegangan tangan. Mereka merasa paling dicintai ketika berinteraksi secara fisik dengan pasangannya.

4. Acts of Service

Acts of service adalah hal-hal baik yang Anda lakukan untuk pasangan yang membuat mereka merasa dicintai dan dihargai. Jika love language utama pasangan Anda adalah acts of service, dia akan memperhatikan dan menghargai hal-hal kecil yang Anda lakukan untuknya. 

Orang dengan love language ini merasa dicintai ketika pasangan melakukan tindakan nyata untuk membantu atau meringankan beban mereka dan memperhatikan hal-hal kecil yang membuat hidup pasangan lebih mudah atau lebih menyenangkan.

Contoh acts of service dalam love language:

  • Mengantar atau menjemput pasangan dari tempat kerja atau tempat lain yang mereka butuhkan.
  • Sesekali menyiapkan sarapan atau bekal makan siang untuk pasangan.
  • Membersihkan rumah tanpa harus diminta sebagai tanda perhatian dan cinta.
  • Memperbaiki barang-barang di rumah yang rusak sebagai bentuk dukungan dan perhatian.
  • Membantu menyiapkan keperluan harian pasangan seperti merapikan tempat tidur atau menyiapkan pakaian kerja.

5. Receiving Gifts

Bagi seseorang yang menyukai love language ini, hadiah melambangkan cinta, perhatian, dan kasih sayang. Mereka tidak hanya menghargai hadiah itu sendiri tetapi juga waktu dan usaha yang dikerahkan pemberi hadiah untuk memilihnya.

Orang yang senang menerima hadiah sebagai bagian dari love language utama mereka tidak selalu mengharapkan hadiah yang besar atau mahal, yang terpenting adalah usaha dan perhatian di balik pemberian itu.

Saat Anda meluangkan waktu untuk memilih hadiah khusus untuk mereka, hal ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bijaksana dan benar-benar mengetahui serta peduli terhadap mereka dan preferensi mereka.

Orang dengan love language ini sering kali dapat mengingat setiap hadiah kecil yang mereka terima dari orang yang mereka cintai karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi mereka.

Demikian informasi lengkap mengenai jenis-jenis love language lengkap dengan ciri serta contoh tindakannya.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro