Ilustrasi berolahraga/timesofindia
Fashion

Hindari 6 Hal Berbahaya Ini Usai Anda Berolahraga

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 16 Desember 2014 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Berolahraga secara teratur tentu saja sangat baik bagi tubuh karena bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Namun, tahukah Anda, kesalahan dalam berolahraga justru bisa membahayakan tubuh Anda. Termasuk juga kesalahan yang dilakukan pasca melakukan olahraga juga bisa berakibat fatal.

Dengan kata lain, aktivitas setelah olahraga juga sama pentingnya dengan rezim olahraga itu sendiri. Lantas, kesalahan aktivitas apa yang bisa membuat tubuh Anda mengalami kerusakan atau nyeri otot.

Berikut 6 kesalahan yang harus dihindari usai berolahraga seperti dilansir timesof india.com:

Tidak melakukan pendinginan
Begitu latihan berat, sangat penting untuk mendinginkan tubuh Anda. Ini adalah proses membiarkan tekanan darah dan detak jantung kembali ke tingkat normal sehingga risiko cedera akan berkurang. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan setelah latihan untuk membawa tubuh Anda ke tingkat normal.

Terlalu lama memakai pakaian berkeringat
Pasca olahraga, Anda harus cepat mengganti pakaian Anda yang penuh keringat. Pakaian berkeringat yang berkembang biak bakteri dan jamur. Mengenakan baju tersebut, dapat meningkatkan kemungkinan infeksi kulit. Ini adalah salah satu kesalahan latihan pasca umum, karenanya pastikan segera ganti pakaian dan cuci mereka sesegera mungkin.

Tidak mandi
Mandi adalah sama pentingnya dengan mengganti pakaian berkeringat dan mencucinya. Jika Anda tidak mandi, Anda tidak bisa menyingkirkan tetes keringat pada tubuh Anda.

Jika Anda membiarkan lapisan keringat duduk di tubuh Anda, Anda sedang membiarkan pertumbuhan bakteri. Jika Anda mencuci diri dengan baik setelah latihan, Anda akan merasa segar. Hal ini sehat untuk kulit Anda juga.

Minum alkohol
Salah satu kesalahan besar setelah olahraga adalah minum alkohol. Karena, tubuh Anda gagal memulihkan tepat waktu jika Anda minum alkohol setelah latihan. Juga, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi jika Anda minum alkohol setelah latihan berat. Tunggu sampai tubuh Anda rileks dengan baik.

Tidak minum cukup air
Ini adalah salah satu kesalahan pasca olahraga yang banyak dilakukan orang. Padahal minum cukup aor putih sangat penting untuk menghidrasi tubuh Anda dengan baik setelah latihan. Begitu latihan selesai, pertama mengikuti proses pendinginan dan istirahatlah. Setelah tubuh Anda kembali normal, minum air dan rileks lagi.

Kurang tidur
Ini adalah salah satu kesalahan pasca olahraga yang terburuk. Tidak cukup tidur usai berolahraga  Anda akan menjadi kontra produktif untuk pemulihan Anda. Kita semua tahu bahwa tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dan perbaikan jaringan otot akan terjadi saat tidur. Jika Anda tidak membiarkan tidur tubuh Anda dengan baik, Anda tidak membiarkan tubuh Anda untuk memulihkan dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro