Ilustrasi-Tari Topeng dari Betawi/Antara
Show

Beragam Kesenian Hadir di Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta

Marta Fitria
Jumat, 19 Desember 2014 - 07:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Beragam kesenian dan kuliner khas Betawi hadir dalam Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta yang berlangsung dari tanggal 16-20 Desember 2014 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. 

Secara umum, kegiatan akan menampilkan tiga jenis acara yang meliputi pergelaran, pameran foto, dan artefak yang berkaitan dengan kegiatan atau peristiwa seni budaya di Jakarta, dan bazaar aneka kuliner di Jakarta.

"Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta selain tari dan pergelaran, juga ada pameran 85 foto aktivitas seni budaya yang pernah berlangsung di Jakarta, khususnya Taman Ismail Marzuki," kata Arie Batubara, Ketua Pelaksana Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta, Kamis (18/12/2014).

"Ada pula puluhan benda arterak yang berkaitan dengan berbagai kegiatan pergelaran seni budaya. Benda-benda tersebut digunakan seniman untuk menciptakan karya atau pernah dipakai dalam berbagai pertunjukan, seperti properti, kostum, potongan setting," ujarnya lagi.

"Warga Jakarta juga dapat berwisata kuliner di acara ini karena ada 30 stan kuliner yang menyajikan sajian khas Betawi dan nusantara," tambahnya.

Ada pertunjukan musisi jalanan, aksi monolog di ruang publik, dan penampilan tanjidor yang berlangsung di luar panggung utama. Para pengunjung juga dapat menonton video mapping aktivitas kesenian yang menonjol dan menarik selama tahun 2010-2014.

Sementara itu, rangkaian acara Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta sudah dibuka pada Selasa (16/12/2014) dengan penampilan tanjidor yang mengelilingi area Taman Ismail Marzuki (TIM). Kemudian, dilanjutkan dengan pertunjukan Rancak dari Sanggar Puja Betawi. Rancak adalah pantun berkait yang dipentaskan dengan iringan melodi.

Berikutnya, ada tari hip-hop Betawi Sunda yang mengeksplorasi tari kreasi baru yang mengombinasikan hip-hop dengan sejumlah tari tradiai Betawi dan Sunda, seperti Tari Topeng, Cokek, Ronggeng, Ketuk Tilu, Blantek, dan Jaipongan. Hadir pula pesta kembang api yang membuat acara semakin meriah. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Kulit Buah Mengandung Lebih Banyak Antioksidan & Vitamin

Inilah Alat Kontrasepsi Paling Diminati Wanita di Amerika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro