Ilustrasi batu Lavender / eraberita.com
Fashion

BATU PERHIASAN: Wow, Akik Lavender Laku Rp50 Juta!

Redaksi
Senin, 12 Januari 2015 - 21:08
Bagikan

Bisnis.com, Baturaja - Salah satu batu akik berkualitas yang hanya terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, yakni jenis Lavender, ternyata ada yang sampai terjual hingga Rp50 juta per buah.

"Saat pameran yang kami gelar di Sanggar Kegiatan Baturaja (SKB) beberapa waktu lalu, ternyata batu Lavender milik saya terjual seharga Rp50 juta per unit," kata Hendra, salah seorang pengrajin batu akik di Baturaja seperti dikutip dari Antara, Senin (12/1/2015).

Hendra menjelaskan batu Lavender dengan harga selangit itu diberinya nama Mustika Air, sebab memiliki keunikan motif air yang di dalam batu bergerak persis seperti tabung air raksa.

Adapun batu jenis serupa, tetapi tidak memiliki motif air telah dibeli kolektor seharga Rp15 juta.

"Memang untuk kualitas, batu akik asli Ogan Komering Ulu (OKU) yang tempatnya sekitar 200 km dari Kota Palembang itu memiliki nilai jual tinggi di mata kolektor batu. Untuk mengambil batu akik tersebut dana dibutuhkan untuk menyewa lahan dan tukang gali tanah bahkan rata-rata Rp10 juta per meter," ungkapnya.

Oleh sebab itu kata Hendra, para pengerajin batu biasanya selalu membawa pawang atau orang yang ahli dalam mencari batu akik berkualitas dengan menggunakan naluri.

"Jika tidak, barang yang dicari sulit ditemukan. Ada dulu teman saya sudah berkemah selama beberapa pekan untuk mencari batu akik berkualitas jenis Lavender dan biru langit atau spritus di Lengkiti. Biaya operasional dikeluarkannya saat itu sudah mencapai ratusan juta rupiah. Namun barang yang dicari tidak ketemu," kata Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro