Kacamata lebih baik dari softlens/ilustrasi
Health

KESEHATAN MATA: Kacamata Lebih Baik Dari Softlens, Ini Alasannya

Fitri Rachmawati
Minggu, 8 Februari 2015 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com,Jakarta— Dr Spesialis Mata dari Klinik Mata Smesco Imsyah Satari mengatakan penggunaan kacamata lebih baik daripada softlens bagi orang yang memiliki minus mata dan keluhan penyakit mata lainnya.

Karena kacamata lebih aman daripada softlens, kedua risiko terkena infeksi kornea lebih banyak akibat dari penggunaan softlens.

“Dokter biasanya selalu menyarankan kacamata dibandingkan dengan softlens karena efek buruk dari penggunaan softlens itu sendiri,” tuturnya Minggu (8/2/2015).

Sehingga dokter sangat jarang merekomendasikan penggunaan softlens bagi pasien yang memiliki minus mata dan penyakit mata lainnya, dan jika diberikan biasanya karena terpaksa melihat kondisi pasien yang tidak mau atau harus berpenampilan tanpa kacamata.

Dia menjelaskan alasan softlens sangat tinggi risiko terkena infeksi kornea karena cara pemakaian dan penyimpanan jika tidak benar bisa memicu infeksi kornea.

Pertama, biasanya pasien tidak memperhatikan kebersihan tangan ketika menggunakan softlens. Akibatnya kuman atau bakteri yang berada di tangan akan masuk ke mata ketika pasien memasangkan softlens ke mata.

“Untuk itu bagi yang mengunakan softlens pastikan terlebih kebersihan tangan sebelum memasangkannya,” katanya.

Kedua, hal lain yang kurang diperhatikan adalah biasanya pasien jarang mengganti cairan pembersih atau cairan penyimpan softlens secara berkala. Karena jika tidak diganti kuman atau bakteri akan berkumpul di softlens.
Ketiga, biasanya pasien pun jarang memperhatikan batas waktu pemakaian softlens. Sehingga tidak sedikit keluhan seperti mata merah hingga infeksi kornea akibat menggunakan softlens terus menerus tanpa memperhatikan batas pemakaian.

“Untuk itu sebaiknya menggunakan kacamata daripada softlens, selain lebih aman dan juga tidak kontak langsung dengan kornea. Karena kornea sangat sensitif, sehingga jika salah menggunakan softlens maka akan mengakibatkan infeksi kornea,” jelasnya.

Dia menambahkan jika memang softlens terpaksa digunakan sebaiknya tidak digunakan secara rutin dan direkomendasikan hanya yang memiliki minus besar. Sehingga penambahan softlens dan kacamata harus digabungkan.

“Dan yang perlu diperhatikan adalah pastikan kebersihan baik tangan sampai softlens itu sendiri,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro