Contoh batu akik Fire Opal/nimaspermata.com
Fashion

LAPSUS (2): Batu Mulia Lokal Kian Mahal

Ivan Andimuhtarom
Rabu, 25 Februari 2015 - 17:42
Bagikan

Bupati pun Perintahkan PNS Pakai Akik Tertentu

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, mengimbau para pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengenakan batu akik fire opal asal Wonogiri. Harganya pun kini naik. Hartono menceritakan, belum lama ini dirinya menjual sebuah akik kepada kolektor asal Sumatra.

Sang kolektor tiba-tiba datang ke showroom-nya pada Minggu (8/2/2015). Setelah berbincang-bincang sebentar, sang kolektor kemudian meminta batu paling spesial yang dimiliki Hartono. Batu akik fire opal milik Hartono itu akhirnya laku dengan harga Rp22,5 juta.

“Ukurannya 20 milimeter. Saya bilang, saya kasih harga sekian [sudah murah]. Harga di pasaran bisa Rp50 juta-Rp100 juta,” kata dia saat berbincang dengan Espos, Jumat.

Keistimewaan fire opal pada efek pencahayaan. Efek api di dalam batu tersebut setelah mendapatkan sinar menjadi daya tarik bagi para kolektor. Batu fire opal terdiri atas beberapa varian. Varian termurah ia jual dengan harga hanya puluhan ribu rupiah.

“Harga tergantung kualitas, batu itu bening, agak berkabut, atau bagaimana,” kata dia.

Harga fire opal semakin terkatrol naik setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menutup areal penambangan dengan alasan keselamatan pekerja dan perlindungan lingkungan. Sesuai hukum ekonomi, banyaknya permintaan sementara stok minim membuat harga batu fire opal semakin mahal.

“Fenomena agak berbeda dengan batu bacan asal Maluku. Di sana, stok batu ada terus. Jadi penawaran dapat memenuhi permintaan. Beda dengan fire opal,” tutur lelaki yang menggeluti dunia bakik sejak 1998.

Tren saat ini sudah mulai ia rasakan 1,5 tahun lalu. Saat itu, permintaan pengiriman akik dari kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Solo, dan Surabaya meningkat. Baru-baru ini saja masyarakat Wonogiri ikut terjangkit demam batu akik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jibi/SOLOPOS
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro