Batu akik/Antara
Fashion

LAPSUS (2): Batu Mulia Lokal Kian Mahal

Ivan Andimuhtarom
Rabu, 25 Februari 2015 - 17:47
Bagikan

Nilai Transaksi Batu Akik Overprice

Selain fire opal, Hartono juga menyediakan berbagai macam batu mulia lainnya seperti kecubung, bacan, lumut aceh, pirus persia, biosolar, kalimaya, lavender, mata dewa, dan kalsedon. Batu-batu itu ditata di rak kaca dilengkapi harga jual. Harganya mulai puluhan ribu rupiah hingga lebih dari Rp1 juta.

Salah seorang penyuka akik, Zaki Ahmad, mengatakan fire opal asal Wonogiri memang indah. Dia terpesona efek nyala api di dalam batuan itu. Dia membuktikan cepatnya jual beli batu fire opal.

Belum lama ini, dia menemani kawan kakaknya berburu fire opal ke Tirtomoyo. Teman kakaknya itu mendapatkan batu bahan dengan harga Rp2 juta. Tak lama, koneksi teman kakaknya itu sudah bersedia membeli dengan harga Rp4 juta.

”Ukurannya kecil-kecil. Itu bentuknya masih berupa batu. Pembeli yang mau membayar Rp4 juta berasal dari Jakarta,” kata warga Wonogiri itu saat ditemui Espos, Jumat.

Selain fire opal, ada beberapa jenis batu akik yang menjadi buruan kolektor. Ketua Paguyuban Bursa Permata Gladak Solo, Abdul Basid, 57, mengatakan jenis akik yang banyak diburu antara lain adalah red baron, sungai dareh (nephrite jadeite), bacan, fire opal, dan biosolar. Harga jenis batuan itu berbeda. Satu jenis batuan bisa berharga berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jibi/SOLOPOS
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro