Salah satu kedai makanan dan minuman di Jalan Cibadak, Bandung yang dipenuhi oleh pengunjung/Bisnis-Muhammad Olga
Kuliner

Berburu Kuliner Khas Bandung di Jalan Cibadak

Reyhan Fernanda Fajarihza
Kamis, 16 Mei 2024 - 20:16
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Berbicara Kota Bandung, pasti tidak akan bisa lepas dari kuliner yang menggiurkan nan menggoyang lidah. Kota Kembang memang dikenal bukan hanya sebagai kota mode, tetapi juga pusat kuliner khas tanah Sunda.

Salah satu lokasi yang menjadi pusat kuliner adalah Jalan Cibadak, Astanaanyar, Kota Bandung. Pada siang hari, lokasi ini tak tampak layaknya pusat kuliner. Wajar saja, pada waktu pagi hingga pukul 17.00, kawasan pecinaan ini merupakan pusat pertokoan alat tulis kantor (ATK).

Namun, menjelang sore hingga tengah malam, halaman ruko berubah menjadi lapak-lapak kuliner khas Jawa Barat. Misalnya, mie kocok balung, soto bandung, lontong kari hingga es goyobod khas Garut.

Soto Bandung Simon menjadi salah satu incaran Tim Bisnis Indonesia Jelajah Tirta Nusantara 2024 saat berkunjung ke sana. Berbeda dari soto bandung lainnya, Soto Bandung Simon punya tagline 'banjir' dengan porsi kuah yang banyak, tetapi daging sapi dalam soto pun banyak dan berukuran besar.

Ada pula kuliner unik, yaitu swike alias kaki kodok dengan pilihan menu swike kuah tauco, swike goreng mentega, hingga swike goreng tepung.

Bagi yang belum pernah mencoba swike, tekstur binatang amfibi ini tergolong unik karena memiliki tekstur perpaduan antara ayam yang berserat, tetapi lembut layaknya daging ikan.

Yuan, salah satu pengunjung di kawasan Cibadak mengaku sering datang ke kedai Swike Asli Jatiwangi. Menurutnya, swike memiliki cita rasa sendiri.

"Rasanya gurih banget, ya, mirip makan burung puyuh atau ayam, lah. Tapi ini mah agak lembut kayak ikan, meleleh di mulut." ujar Yuan saat ditemui Tim Bisnis Indonesia Jelajah Tirta Nusantara 2024, Minggu (12/5/2024).

Jika Anda tertarik menuju kuliner Cibadak, Anda bisa melalui dua akses jalan agar tidak terjebak dalam arus satu arah di jalan tersebut.

Pertama, jika datang dari arah Pasar Baru atau Stasiun Bandung, Anda bisa menuju Jalan Otto Iskandar Dinata, lalu berbelok ke kanan setelah melintas persimpangan antara Jalan Asia Afrika dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Sementara itu, jika Anda datang dari arah Astanaanyar, Anda bisa berbelok ke jalan Kalipah Apo dan berbelok kembali di jalan Pajagalan hingga tiba di Jalan Cibadak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro