Secangkir teh hijau/istimewa
Health

5 Minuman Penurun Kolesterol, Murah dan Sehat

Hesti Puji Lestari
Jumat, 17 Mei 2024 - 11:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut adalah 5 minuman penurun kolesterol yang murah dan bisa Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda.

Kolesterol merupakan zat lemak yang berperan penting dalam berbagai fungsi fisiologis, namun peningkatan kadar, terutama kolesterol LDL, dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung dengan membentuk plak arteri.

Kolesterol yang berlebihan menimbulkan risiko yang signifikan terhadap kesehatan secara keseluruhan, karena dapat menyebabkan berkembangnya penyakit kardiovaskular dan komplikasi terkait lainnya.

Namun, ketika kadarnya meningkat, terutama kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang umumnya dikenal sebagai kolesterol 'jahat', kolesterol tersebut dapat menumpuk di arteri, membentuk plak dan menghambat aliran darah.

Proses ini meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berikut adalah 5 minuman yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol:

1. Air Jahe dan Lemon

Minum segelas air hangat yang dicampur perasan lemon dan satu sendok jus jahe di pagi hari saat perut kosong akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali.

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam jahe membantu menjaga kadar kolesterol.

2. Susu Kunyit

Minum segelas susu hangat dicampur bubuk kunyit di pagi hari saat perut kosong juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Madu dan Air Bawang Putih

Mencampurkan tiga siung pasta bawang putih dan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan meminumnya di pagi hari saat perut kosong dapat mengurangi masalah kolesterol tinggi.

4. Teh Hijau

Teh hijau yang mengandung antioksidan dan katekin membantu mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh kita dan juga menurunkan berat badan. 

5. Jus Tomat

Jus tomat, kaya serat, niasin, dan likopen, membantu mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh kita. 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro