Kesehatan mata/springmedspa.in
Fashion

Ayo, Jaga Kesehatan Mata dengan Konsumsi Wortel

Reni Efita
Senin, 9 Maret 2015 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Manfaat wortel untuk kesehatan mata sudah banyak diketahui masyarakat, namun konsumsinya belum sesuai kebutuhan, sehingga ada yang kekurangan vitamin A.

Mata memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi masih banyak yang menyepelekan kesehatan mata. Ini antara lain terlihat  dari rendahnya konsumsi vitamin A. Faktanya, saat ini, kekurangan vitamin A masih menjadi salah satu dari lima isu nutrisi utama di Indonesia. Kekurangan vitamin A sejajar dengan kekurangan energi protein, anemia gizi besi, gangguan akibat kurang yodium, dan obesitas.

Badan pangan dunia, Food Agricultural Organization atau FAO merekomendasikan wortel sebagai sumber pangan alami yang sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi mata. Warna oranye pada wortel sebagian besarnya berasal dari beta karoten.

Beta karoten yang terdapat dalam wortel diubah menjadi vitamin A di dalam hati, yang kemudian ditransformasikan dalam retina untuk rhodopsin, pigmen yang meningkatkan kemampuan penglihatan, termasuk pada malam hari.

Selain itu, beta karoten juga dikenal untuk melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, kata Andriyani Wagianto, Lead Nutritionist Unilever Indonesia, Senin (9/3/2015).

"Kami ingin mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk memelihara kesehatan mata sejak dini dan secara teratur, salah satunya dengan memastikan asupan nutrisi yang tepat setiap hari. Hal ini menjadi penting karena menurut World Health Organization (WHO), hingga 80% kebutaan dan jenis gangguan mata lainnya sebenarnya dapat dicegah, tambah Andriyani.

Mengonsumsi minuman mengandung vitamin A, kata Andriyani, dapat membantu memelihara kesehatan lapisan mata, karena terbuat dari perpaduan buah dan sayur alami, yaitu wortel yang kaya dengan vitamin A, nanas, jeruk, dan mangga. Keseluruhan paduannya disesuaikan untuk memberi manfaat nutrisi yang saling melengkapi, dan yang tak kalah penting, rasa yang lezat dan menyegarkan.

Konsumsi satu gelas atau 250 ml Buavita Sunshine Carrot, katanya, mampu mencukupi 100% kebutuhan vitamin A harian, sehingga membantu memelihara kesehatan lapisan mata sebagai jendela inspirasi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro