Orang tua yang memiliki rambut uban/idisciple.org
Health

10 Makanan Mencegah Pertumbuhan Rambut Putih Uban

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan rambut putih uban di kepala merupakan salah satu tanda dari penuaan, tetapi banyak orang yang masih dalam usia yang cukup muda mempunyai uban banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya yakni dari pola makan.

Pola makan yang sehat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali kesehatan rambut. Orang  yang mengonsumi makanan yang tidak sehat akan mengalami percepat pertumbuhan uban, mulai sekarang cobalah untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat sebagai upaya untuk mencegah pertumbuhan uban di kepala.

Dilansir dari onlymyhealth.com dan indianexpress.com, kesehatan rambut secara keseluruhan dipengaruhi oleh banyak faktor yakni seperti genetika, gaya hidup, dan perawatan yang dilakukan.

Simak 10 makanan ini dapat mencegah pertumbuhan uban:

1. Alpukat

Mempunyai rambut yang sehat tanpa uban merupakan dambaan banyak orang, tetapi tidak sedikit dari mereka yang kesulitan dalam menjaga kesehatan rambut, cara yang paling mudah yakni melalui pola makan. 

Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut seperti uban, mulai sekarang cobalah mengonsumsi buah alpukat. Buah ini memiliki beberapa kandungan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut.

Kaya akan vitamin E menjadikan buah ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk rambut yakni dapat memberikan nutrisi, menguatkan rambut, dan mencegah pertumbuhan uban.

2. Ubi

Ubi yang dikonsumsi ternyata banyak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan rambut. Mengalami masalah pada rambut membuat sebagian orang tidak percaya diri dengan penampilannya, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut yakni dengan mengonsumsi ubi.

Ubi mempunyai kandungan beta karoten dan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan rambut, kandungan ini membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah pertumbuhan uban. Bagi, Anda yang mempunyai masalah rambut kering mengonsumsi ubi dapat membantu mencegah kekeringan sehingga dapat menghasilkan rambut yang lebih berkilau dan kuat.

3. Kunyit

Kunyit sering dijumpai sebagai bumbu dalam masakan, tetappi tidak jarang juga kunyit dipakai sebagai bahan untuk minuman, banyak khasiat baik yang diberikan kunyit salah satunya yakni untuk kesehatan rambut.

Bagi Anda yang ingin mencegah pertumbuhan uban maka kunyit dapat menjadi solusi yang tepat, kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit kepala, sifat ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan uban dan membantu rambut untuk tetap pada warna alaminya.

4. Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan yang sangat sering dijumpai, banyak sekali makanan yang berbahan dasar telur mulai dari makanan ringan, makanan berat hingga makanan manis. Namun, tahukah Anda telur yang sering dikonsumsi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan?

Telur mempunyai kandungan seperti biotin, protein, dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak terkecuali kesehatan rambut. Mengonsumsi telur dapat membantu dalam memperlambat proses pertumbuhan uban dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

5. Wortel

Wortel tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak manfaat yang diberikan wortel tidak terkecuali dalam menjaga kesehatan rambut. 

Masalah rambut sering dialami banyak orang, tidak sedikit dari mereka dengan usia yang masih muda sudah mempunyai masalah rambut yakni uban, salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mencegah dan mengatasi uban yakni dengan mengonsumsi wortel.

Wortel kaya akan kandungan beta karoten yang sangat dibutuhkan rambut, kandungan ini membantu dalam menjaga dan melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengonsumsi wortel dapat mendukung produksi melanin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro