Manfaat wortel
Health

Hari Wortel Sedunia, Simak Sejarah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Redaksi
Kamis, 4 April 2024 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Wortel Sedunia diperingati pada tanggal 4 April disetiap tahunnya sebagai himbauan kepada semua orang agar mengetahui betapa pentingnya mengonsumsi wortel yang dapat berkontribusi baik untuk kesehatan tubuh.

Hari Wortel Sedunia telah dirayakan sejak tahun 2023 dibeberapa negara yakni seperti Perancis, Italia, Swedia, Rusia, Australia, Jepang, dan Inggris.

Simak sejarah hari wortel sedunia

Dilansir dari thequint.com, sejarah Hari Wortel Sedunia tidak bisa dilepaskan dari peran wortel itu sendiri yang berasal dari Asia Tengah ribuan tahun yang lalu.

Hari Wortel pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 yakni dengan tujuan untuk menyebarkan pengetahuan dan manfaat mengonsumsi wortel keseluruh dunia.

Namun pada tahun itu belum banyak negara yang merayakannya hingga akhirnya pada tanggal 4 April 2012 perayaan wortel mulai populer dan beberapa negara ikut merayakannya.

Perayaan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran akan wortel, mempromosikan pola makan sehat dan pilihan makanan berkelanjutan di seluruh dunia.

Manfaat mengonsumsi wortel untuk kesehatan tubuh

1. Menyeimbangkan kadar gula darah

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan karena banyaknya manfaat yang diberikan melalui kandungannya.

Food and Nutrition Science menyatakan bahwa mengonsumsi wortel dapat membantu dalam menyeimbangkan kadar gula darah karena memiliki kandungan sifat anti diabetes, kandungan inilah yang mengatur pengelolaan diabetes dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja wortel juga mempunyai kandungan serat tinggi yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dan kadar insulin setelah makan. Mengonsumsi wortel mentah atau matang yang memiliki indeks glikemik rendah ini dapat membantu menyediakan pasokan energi yang lebih stabil.

2. Mengontrol berat badan

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang kesulitan dalam mengelola kenaikan berat badannya. Faktor yang menjadi penyebab naiknya berat yakni melalui pola makan yang tidak sehat untuk itu mulai sekarang cobalah ubah pola makan menjadi lebih sehat.

Mengonsumsi wortel bisa membantu dalam mengontrol berat badan karena wortel mempunyai kandungan serat dan air hingga 88% sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Penelitian yang diterbitkan Nutrients 2021 menyatakan bahwa dibandingkan jenis sayuran lainnya wortel lebih unggul dalam menurunkan tingkat obesitas.

3. Menurunkan risiko kanker

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang mematikan didunia untuk itu penting menjaga pola makan yang sehat agar dapat terhindar dari penyakit ini.

Pola makan yang sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi wortel, mempunyai kandungan antioksidan menjadikan sayuran ini dapat menurunkan risiko beberapa jenis penyakit seperti kanker, paru-paru, kolesterol, prostat, dan leukemia.

Penelitian tahun 2022 menyatakan bahwa antioksidan karotenoid atau yang disebut likopen yang ada didalam wortel bisa melawan beberapa jenis kanker seperti kanker perut, prostat, paru-paru, dan payudara.

4. Mengontrol tekanan darah

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat yakni dalam mengontrol tekanan darah melalui kandungan kalium dan mineral didalamnya.

Kalium dan mineral dalam wortel dapat membantu dalam menyeimbangkan kadar natrium dengan membuang natrium yang berlebih melalui cairan yang keluar dari tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan pada jantung.

Penelitian dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa mengonsumsi wortel memiliki manfaat yang lebih besar bagi kesehatan jantung dibandingkan sayuran atau buah lainnya.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh menjadi kunci kesehatan tubuh secara keseluruhan apabila sistem kekebalan tubuh seseorang rendah maka akan lebih mudah terkena segala jenis penyakit untuk itu wajib menjaga pola makan yang sehat agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat.

Mengonsumsi wortel dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya.

Vitamin A mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memainkan peran penting dalam membentuk dan melindungi selaput lendir yang menjadi penghalang untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro